Bandara Kualanamu Siap Sukseskan Pelaksanaan Haji 2023

Bandara Kualanamu Siap Sukseskan Pelaksanaan Haji 2023
Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan pelaksanaan Haji 2023 di Bandara Kualanamu (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Bandara Kualanamu di Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) siap menyambut dan menyukseskan pelaksanaan Haji 1444 Hijriah/2023. Apalagi misi Kualanamu tahun ini memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh penumpang, khususnya bagi jemaah haji.

"Jadi hari ini kita sudah memfinalkan rencana operasi untuk menyukseskan Angkutan Haji 2023 di Bandara Kualanamu. Tahun ini kita kebagian 24 kloter haji dari Provinsi Sumut," kata Direktur Operasional PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Kualanamu, Heriyanto Wibowo, usai rapat persiapan Angkutan Haji 2023 bersama stakeholder Bandara Kualanamu di ruang rapat kedatangan domestik, Selasa (16/5).

Kada dia, selain mendapat 24 kloter penerbangan di Sumut, juga dari luar Sumut ada tambahan sebanyak 337 teknikal landing pesawat di Bandara Kualanamu. Tentunya dengan hal ini pihaknya sebagai pengelola bandara perlu konsen khusus , sehingga diperlukan koordinasi yang intens bagi seluruh stakeholder yang ada di Kualanamu untuk menyukseskan kegiatan haji ini.

Sementara tujuan dengan digelar rapat ini tentu diharapkan muncul kesiapan dari masing-masing unit terkait peran dan fungsi, sehingga apa yang dibutuhkan masing-masing stakeholder ini dapat disepakati dan ditemukan solusinya.

"Mudahan-mudah ini dapat berjalan dengan baik, sampai selesai Angkutan Haji berjalan dengan lancar," sebutnya.

Mengenai perbandingan pelaksanaan haji sebelumnya di Bandara Kualanamu, Heriyanto mengaku untuk tahun ini pihaknya lebih fokus di jumlah frekuensi yang lebih meningkat dibanding tahun sebelumnya, dan tentu ini dibutuhkan kinerja dan kordinasi lebih giat di seluruh sektor dan fungsi, sehingga masing-masing memberikan pelayanan yang terbaik.

“Intinya, pelayanan haji di Kualanamu ada dua. Pertama pelayanan haji embarkasi Medan, Sumut, 24 kloter, kemudian pelayanan teknikal landing penerbangan haji dari Embarkasi lain yang akan mengisi bahan bakar di Bandara Kualanamu sebanyak 337 penerbangan,” sebutnya.

“Ada dari Embarkasi Solo, Jakarta, Batam, Surabaya, dan Makkasar. Padahal tahun sebelumnya hanya dari Solo. Kita sangat yakin dengan persiapan ini, dan siap menyambut para jemaah haji, dan memberikan pelayanan terbaik untuk menyukseskan kelancaran Angkutan Haji 2023,” pungkasnya.

Kepala Bidang Keamanan Angkutan Udara dan Kelaikudaraan Otoritas Bandara Wilayah II Kementerian Perhubungan, Sarmanto, di kesempatan itu juga menekankan kepada para petugas untuk lebih meningkat keamanan.

Bagi siapa pun jika tidak memilik indentitas (Pas) yang dikeluarkan oleh Otban wilayah II Medan tidak perkenankan masuk di area terminal kargo tempat keberangkatan haji. Begitu juga kedatangan kendaraan haji diatur dengan bai, juga dengan kendaraan lainnya, parkirnya teratur sesuai dengan SOP yang sudah disiapkan.

“Intinya kita harus bekerja sama untuk kelancaran dan kenyamanan bagi jemaah haji, sehingga pelaksanaan haji 2023 berjalan aman dan lancar sesuai dengan harapan,” tandasnya.

Hadir dalam rapat Manager Service PT AVI, Hermansyah Saragih, Koordinator KKP Kualanamu, dr Nyoman, mewakili Polsek Kawasan Bandara Kualanamu, perwakilan Imigrasi, Perwakilan BC Kualanamu, perwakilan maskapai serta seluruh stakeholder yang ada di Bandara Kualanamu.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi