Catat, Jadwal Baru Perjalanan Kereta Api Bandara Medan dan Yogyakarta 

Catat, Jadwal Baru Perjalanan Kereta Api Bandara Medan dan Yogyakarta 
Kereta Api Bandara (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta – Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 yang akan berlaku mulai 1 Juni 2023 mendatang. Gapeka 2023 menggantikan Gapeka 2021 dan mengubah pola operasi berbagai perjalanan KA, termasuk di antaranya KA Bandara Kualanamu dan Yogyakarta International Airport (YIA).

“Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api berupa garis-garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, dan posisi perjalanan KA mulai dari keberangkatan, berhenti, kedatangan, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan melalui grafik untuk mengendalikan perjalanan KA,” kata Direktur Utama PT Railink (KAI Bandara) Porwanto Handry, Senin (22/5).

“Gapeka 2023 akan menggantikan Gapeka 2021 dan membawa sejumlah perubahan jadwal perjalanan kereta api. Untuk operasional KA Bandara sendiri, salah satu perubahannya adalah jadwal keberangkatan KA yang umumnya akan maju atau berubah menjadi lebih awal dari jadwal sebelumnya,” sambungnya.

Pada KA Bandara YIA, keberangkatan KA perdana dari Stasiun Yogyakarta yang sebelumnya dijadwalkan pada pukul 04.30 WIB akan maju sepuluh menit menjadi pukul 04.20 WIB, sedangkan keberangkatan KA Bandara terakhir dari Stasiun Yogyakarta dari sebelumnya pada pukul 20.40 WIB akan maju lima menit menjadi pukul 20.35 WIB.

Sementara itu, keberangkatan KA perdana dari Stasiun YIA akan maju dua belas menit dari sebelumnya pukul 05.20 WIB menjadi pukul 05.08 WIB, sedangkan keberangkatan KA terakhir dari Stasiun YIA yang sebelumnya dijadwalkan pada pukul 21.45 WIB akan maju dua puluh menit menjadi pukul 21.25 WIB. Perjalanan KA Bandara YIA sendiri tetap berjumlah 42 perjalanan dalam sehari, termasuk 12 perjalanan KA Bandara YIA Xpress yang tidak berhenti di Stasiun Wates.

Jadwal Baru Perjalanan Kereta Api Bandara Medan
Sedangkan pada KA Bandara Kualanamu, keberangkatan KA pertama dari Stasiun Bandara Kualanamu maju dari sebelumnya pukul 07.20 WIB menjadi pukul 06.50 WIB, dan untuk keberangkatan KA terakhir dari Stasiun Bandara Kualanamu mundur dari sebelumnya pukul 20.30 WIB menjadi pukul 21.10 WIB.

Keberangkatan KA Bandara pertama dari Stasiun Medan tidak mengalami perubahan yakni pada pukul 05.00 WIB, sementara untuk keberangkatan terakhir dijadwalkan maju lima belas menit dari sebelumnya pukul 19.20 WIB menjadi pukul 19.05 WIB. Jumlah perjalanan pun tetap sebanyak 24 perjalanan dalam sehari.

“Selain dengan mempertimbangkan perjalanan KA lainnya, perubahan jadwal KA Bandara yang dipandu Gapeka 2023 tetap didasari atas kesesuaian dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat di bandar udara,” tambah Porwanto Handry.

Mendekati berlakunya Gapeka 2023 mulai 1 Juni 2023 serta perubahan jadwal KA Bandara, calon penumpang KA Bandara pun diimbau untuk memperhatikan jadwal KA terbaru dan menyesuaikan rencana perjalanannya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi