Hujan Sedang Hingga Lebat Berpeluang Turun di Sejumlah Daerah

Hujan Sedang Hingga Lebat Berpeluang Turun di Sejumlah Daerah
Arsip Foto - Beberapa pengendara memilih berteduh saat hujan mengguyur Jalan Jenderal Sudirman di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Analisadaily.com, Medan - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah provinsi di Indonesia pada Minggu (4/6).

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi itu terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Bagian wilayah Provinsi Maluku, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara juga diprakirakan mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Angin kencang dapat menyebabkan pepohonan tumbang dan rumah warga rusak.

"Masyarakat di daerah pesisir mewaspadai potensi banjir pesisir atau rob menyusul adanya fenomena fase bulan baru dan Perigee, ketika bulan berada di titik terdekat dengan bumi," imbau BMKG dilansir dari Antara.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, mengemukakan fase bulan baru pada 3 Juni 2023 dan Perigee pada 6 Juni 2023 berpotensi meningkatkan tinggi pasang air laut maksimum.

Kondisi tersebut, menurut dia, dapat menimbulkan rob di pesisir Aceh, pesisir Sumatera Utara, pesisir Sumatera Barat, pesisir Lampung, pesisir Kepulauan Riau, dan pesisir Bangka Belitung.

Rob juga berpeluang melanda pesisir Banten, pesisir utara DKI Jakarta, pesisir Jawa Barat, pesisir Jawa Tengah, pesisir Jawa Timur, pesisir Bali, pesisir Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, pesisir Kalimantan Barat, pesisir Kalimantan Tengah, pesisir Sulawesi Utara, pesisir Maluku, pesisir Maluku Utara, dan pesisir Papua Selatan.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi