Pelindo Group Edukasi Warga Aceh Besar Lewat Bersihkan Pantai

Pelindo Group Edukasi Warga Aceh Besar Lewat Bersihkan Pantai
Kegiatan Bersih Pantai Lampuuk, Aceh Besar, Sabtu (10/6). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai Subholding Pelabuhan Indonesiayang mengelola jasa kepelabuhanan non-petikemas bersama masyarakat Aceh Besar, melakukan kegiatan Bersih Pantai Lampuuk, Sabtu (10/6).

Direktur Utama Pelindo Multi Terminal (SPMT), Yon Irawan, mengatakan ini bentuk komitmen dukungan Pelindo Group dalam melindungi kelestarian ekosistem pesisir Indonesia.

"Hal ini diwujudkan melalui upaya mengedukasi kesadaran masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan pesisir dari sampah," kata Yon.

Kadis Pariwisata dan Olahraga Aceh, Besar Abdullah, menuturkan Pemerintah Aceh Besar sangat mendukung Pelindo yang telah memilih Pantai Lampuuk, karena menjadi topangan hidup untuk masyarakat Aceh Besar, utamanya masyarakat di sekitar pantai.

“Kami sangat mengapresiasi Pelindo yang sudah memilih Pantai Lampuuk, dan di Aceh Besar sendiri sudah banyak destinasi wisata yang sudah semakin bagus, oleh karena itu kami mengimbau seluruh masyarakat menjaga tempat wisata di Aceh Besar agar menjadi tempat pilihan bagi wisatawan dari luar Aceh," ucapnya.

Ketua Pengelolaan Pantai Lampuuk dan Loknga, Anis Siregar, menyampaikan terima kasihnya kepada pihak PT Pelindo atas kontribusi dan partisipasinya terhadap Pantai Lampuuk. Semula dia tak menyangka karena Pelindo hadir langsung ke Pantai Lampuuk.

“Saya mengucapkan terima kasih dan sangat mendukung atas partisipasi dan langkah yang dilakukan oleh pihak Pelindo. Semoga langkah yang dilakukan Pelindo ini menjadi modal besar kita untuk selalu melangkah ke arah yang lebih baik dan selalu menyadari akan kebersihan," tandasnya.

Acara bersih pantai ini menjadi bagian dari partisipasi Pelindo dalam Gerakan Indonesia Coastal Clean Up yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2023 lalu.

Pengumpulan sampah di Pantai Lampuuk ini difokuskan pada pemilahan sampah jenis organik dan anorganik khususnya plastik, logam, kaca, yang cenderung sulit terurai dan berbahaya bagi lingkungan.

Dari aksi bersih sampah di Pantai Lampuuk ini setidaknya terkumpul total sampah seberat 331,5 kg yang terdiri dari sampah organik seberat 211 kg, dan sampah non organik seberat 12,5 kg.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi