Usai Covid-19, BP Jamsostek Minta Pelaku UMKM Beradaptasi

Usai Covid-19, BP Jamsostek Minta Pelaku UMKM Beradaptasi
Usai Covid-19, BP Jamsostek Minta Pelaku UMKM Beradaptasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Geliat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) semakin bergairah selepas diumumkan berakhirnya Pandemi Covid-19 beberapa waktu yang lalu oleh pemerintah pusat.

Salah satunya terlihat dalam kegiatan yang diselenggarakan Bamagnas (Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional) di aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kamis (20/7) yang menghadirkan lebih dari 600 orang pelaku UMKM sekaligus binaan dari Bamagnas di area Medan dan sekitarnya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Andi Widya Leksana, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjungmorawa bersama perwakilan dari Dinas Koperasi dan perbankan kerjasama.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Ketua UMKM Nusantara Provinsi Sumut, Binsar Simatupang yang memiliki pengalaman membina UMKM di Provinsi Sumut.

Menurut Andi, saat ini kita memasuki era VUCA (Volatile, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) di mana tantangan ke depan menuntut kita untuk agile atau cepat beradaptasi menyesuaikan terhadap perubahan.

"Contohnya pada saat pandemi Covid-19 di akhir tahun 2019 yang lalu, semua badan usaha terdampak, tidak memandang skala usaha. Di masa-masa itu Jaminan Sosial ketenagakerjaan menjalankan fungsinya sebagai jaring pengaman dan meminimalisir Potensi pekerja jatuh ke jurang kemiskinan," terang Andi.

Sosialisasi yang digelar ini juga sekaligus untuk memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan NIB (Nomor Ijin Berusaha), akses informasi dan pendaftaran KUR perbankan, dan informasi serta pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Semoga dengan kegiatan ini semakin banyak pelaku UMKM mendapatkan informasi dari para mitra dan perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan agar bisa bekerja keras dan bebas dari rasa cemas, sesuai dengan slogan yang kami usung, Kerja Keras Bebas Cemas," tutup Andi.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi