Pekan Seni Budaya Daerah, Tunjukkan Keberagaman Etnis di Asahan

Pekan Seni Budaya Daerah, Tunjukkan Keberagaman Etnis di Asahan
Pembukaan Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) ke V di Jalan Ahmad Yani, Kisaran, Sabtu (22/7) (Analisadaily/Awaluddin)

Analisadaily.com, Kisaran - Ribuan peserta kirab budaya etnis memeriahkan Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) ke V di Jalan Ahmad Yani, Kisaran, dengan mengenakan pakaian adat hingga menampilkan kesenian tari dari masing-masing daerah pada Sabtu (22/7).

Ketua panitia pelaksana PSBD ke V Asahan, Nauli Parlaungan Siregar, mengatakan ini satu bentuk penghormatan terhadap 14 etnis yang tinggal di Asahan. Peserta semangat memberikan penampilan terbaik dari masing-masing daerah etnisnya.

"Untuk kelima kalinya PSBD Asahan ini bisa digelar ini menunjukkan keberagaman etnis yang ada di Asahan cukup erat dan kompak. Kami berharap selama 2 minggu kegiatan ini digelar, yang berturut-turut menampilkan persembahan budaya dari 14 etnis yang ada," ujar Nauli.

Bupati Asahan, Surya, menjelaskan Asahan yang merupakan tanah Melayu ini didiami banyak etnis yang ada dan semuanya bersemangat menampilkan kesenian mereka pada PSBD ini.

"Semuanya bersemangat ini menunjukkan etnis - etnis di Asahan cukup erat dan kompak ketika disatukan dalam bingkai PSBD yang rutin kita laksanakan setiap 2 tahun sekali," kata Surya.

Ia pun mengajak masyarakat di Asahan untuk menyaksikan penampilan budaya dari 14 etnis itu yang akan digelar secara estafet setiap malam mulai tanggal 22 Juli hingga 6 Agustus 2023 di Jalan Taufan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan.

"Jadi semua etnis bisa tampil dan tidak ada pembedaan. Hari ini, hari pertama ada dari etnis Tabagsel, sampai nanti hari ke empat belas dari etnis Minang," ujarnya.

Surya menambahkan, generasi muda agar mengingat budaya dan kesenian dari asal daerah mereka masing-masing. Mengingat saat ini banyaknya budaya asing yang mulai masuk mempengaruhi anak muda.

"Pesan yang mau disampaikan melalui PSBD ini kita ingin masyarakat Asahan itu tidak buta terhadap budaya daerahnya masing-masing, jadi ini panggungnya kita siapkan melalui PSBD semua etnis bisa memamerkan kesenian budaya mereka di sini," ujarnya.

(ALN/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi