Gaya Hidup Slow Living: Fokus Pada Prioritas, Jangan Buru-Buru!

Gaya Hidup Slow Living: Fokus Pada Prioritas, Jangan Buru-Buru!
Gaya Hidup Slow Living: Fokus Pada Prioritas, Jangan Buru-Buru! (Ilustrasi/Pexels.com)

Analisadaily.com, Jakarta - Istilah 'slow living' belakangan ramai jadi perbincangan di media sosial. Itupun setelah artis Lulu Tobing buka-bukaan soal gaya hidup slow living yang dijalaninya.

Slow living merupakan salah satu gaya hidup yang dijalankan berdasarkan menjalani hidup dengan lebih bermakna. Metode ini membuat seseorang menjadi lebih santai dan sederhana dalam menjalani hidup, namun tetap fokus mengedepankan kualitas hasil.

Selain itu, gaya hidup ini juga berguna untuk meringankan beban dalam hidup dan tetap bahagia dengan apa yang sudah dimiliki. Bagaimana sih cara menjalani gaya hidup slow living? Berikut penjelasan psikolog klinis Veronica Adeslaini yang membagikan beberapa cara di antaranya:

Tidak buru-buru

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan slow living adalah dengan tidak terburu-buru dan menikmati setiap proses yang dilalui. Hal ini akan membuat diri menjadi lebih sadar terhadap hal yang sedang dilakukan.

"Slow living ini gaya hidup dengan dasar pemikiran menjalani hidup dengan lebih bermakna. Caranya dengan melakukan segala sesuatu tepat, melambat, dan tidak buru-buru," ucap Veronica, dilansir dari detikcom, Senin (24/7/2023).

"Tidak berfokus pada menyelesaikan dengan cepat namun lebih berfokus pada melakukannya dengan lebih baik," sambungnya.

Menentukan Prioritas

Selain melakukan segala hal dengan tidak buru-buru, cara menjalankan gaya hidup slow living adalah dengan menentukan prioritas. Dengan mengetahui prioritas mana yang diutamakan, maka kualitas hasil dari apa yang dilakukan bisa lebih baik.

"Selain kesadaran soal apa yang akan dilakukan, secara umum orang yang melakukan gaya hidup slow living sikapnya tenang," bilang Veronica.

"Mereka juga memiliki pengendalian diri yang baik dalam menentukan mana yang lebih bermakna dan menjadi prioritas. Menjalani hidup sederhana dan bermakna untuknya, feeling content," tambahnya.

Menikmati Keheningan

Mematikan televisi dan musik untuk menikmati keheningan bisa menjadi salah satu cara menjalankan slow living. Dikutip dari The Minimalist Vegan cara ini dilakukan untuk beristirahat dari rutinitas dan bisa mendapatkan ketenangan.

Hidup Lebih Minimalis

Selanjutnya cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan slow living adalah dengan hidup lebih minimalis. Salah satunya adalah menyingkirkan benda-benda yang tidak benar-benar dibutuhkan.

Semakin banyak benda yang dimiliki, maka semakin banyak juga waktu yang dibutuhkan untuk membereskannya. Hal ini tentu akan mengurangi waktu diri sendiri untuk meredakan stres.

Berani Berkata 'Tidak'

Tidak semua orang bisa berkata 'tidak' pada orang lain, padahal hal ini sangatlah penting untuk menetapkan batasan diri. Belajar berkata 'tidak' dapat membuat diri lebih tenang dalam menjalani kehidupan.

Dengan menetapkan batasan yang jelas, diri lebih bisa memusatkan perhatian pada hal yang prioritas dan sesuai dengan minat. Selain itu, hal ini juga bisa membuat diri selalu memiliki ruang untuk diri, keluarga, dan kegemaran.

Baca Juga

Rekomendasi