Guiness World Records Catat 7 Rekor Kopi Dunia: Peminum Tercepat Hingga Coffee Shop Terbesar

Guiness World Records Catat 7 Rekor Kopi Dunia: Peminum Tercepat Hingga Coffee Shop Terbesar
Guiness World Records Catat 7 Rekor Kopi Dunia: Peminum Tercepat Hingga Coffee Shop Terbesar (eater/detikcom)

Analisadaily.com, Jakarta - Berbagai rekor kopi di dunia dicatat oleh Guinness World Records. Ada pemecahan rekor secangkir kopi terbesar hingga lukisan kopi terbesar yang mencengangkan. Penasaran?

Kopi memang bukan sekadar soal jenis dan racikannya yang populer, tapi juga rekor-rekor yang pernah terpecahkan sebelumnya. Rekor ini melibatkan penggunaan kopi sebagai minuman, benda, hingga bahan untuk melukis.

Guinness World Records mencatat banyak rekor kopi di dunia, termasuk 7 yang populer berikut. Pencinta kopi pastikan menyimak informasinya untuk mengetahui sisi lain dari minuman berkafein ini.

Mengutip situs Guinness World Records, dilansir dari detikcom, Rabu (26/7/2023), inilah 7 rekor kopi dunia:

1. Secangkir kopi terbesar

Secangkir kopi yang biasa kamu nikmati berukuran tak lebih besar dari tangan, tapi berbeda dengan cangkir kopi ini. Guinness World Records mencatat rekor cangkir kopi terbesar yang dipecahkan di Meksiko oleh onic World Center S.A. de C.V. pada 10 Desember 2022.

Mereka menghadirkan cangkir berisi 26,939.22 liter kopi. Rekor ini dicapai dengan kerja sama antara The Universidad de Guanajuato dan Gobierno del Estado de Guanajuato di Leon. Jumlah kopi yang digunakan mencapai 300 kg. Lalu untuk cangkirnya memiliki diameter 3.5 meter dan tinggi 3.05 meter.

2. Waktu tercepat minum kopi

Rekor kopi dunia ini dicapai oleh Andre Ortolf, pemuda asal Augsburg, Jerman. Pada 27 Desember 2021, ia mencatat rekor waktu tercepat minum kopi di dunia dengan durasi 3.17 detik saja.

Uniknya, Andre mengaku ia tidak selalu minum banyak kopi, tapi ia merasa minum kopi pada pagi hari sangat bagus. "Dan minum espresso pada sore hari juga bagus," katanya. Butuh 7-8 kali percobaan oleh Andre untuk bisa memecahkan rekor dunia ini.

Dampaknya ia tidak bisa tidur semalaman karena asupan kafein yang berlebih. "Saya tidak menyangka bisa memecahkan rekor ini, tapi saya sedang saya bisa berkembang begitu banyak," katanya.

3. Lukisan kopi terbesar di dunia

Kopi tak sekadar jadi minuman, tapi juga bahan lukisan. Hal ini dibuktikan oleh Ohud Abdullah Almalki dari Jeddah, Arab Saudi. Pada 1 Februari 2020, namanya tercatat sebagai pemecah rekor lukisan kopi terbesar di dunia.

Lukisan tersebut berukuran 220.96 m². Ohud Abdullah Almalki menggunakan 4.500 gram kopi kedaluwarsa sebagai bahan kreasinya. Mengutip India Times, karyanya ini menggambarkan 'founding fothers' Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, King Abdul Aziz bin Saud dan Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan.

4. Coffee shop terbesar di dunia

Bagi kamu yang hobi nongkrong di coffee shop bisa menjadikan Positive Space 566 sebagai tujuan. Coffee shop di Gyeonggi-do, Korea Selatan ini tercatat sebagai yang terbesar di dunia pada 1 April 2023. Total terdapat 2.190 tempat duduk.

Positive Space 566 sendiri dibuka pada 6 September 2022. Bangunannya terdiri dari 4 lantai dengan luas total 6,061.59 meter persegi. Coffee shop ini tak hanya menyajikan kopi, tapi juga teh, es krim, pasta, pizza, hingga steak.

5. Es kopi terbesar di dunia

Selain secangkir kopi terbesar, rekor es kopi terbesar di dunia juga telah berhasil dipecahkan. Sosok peraihnya adalah Caffe Bene di Yangju, Korea Selatan. Pada 17 Juli 2014 mereka menghadirkan mug raksasa berisi 14,228.1 liter es kopi.

Di dalamnya berisi Iced Black Americano. Untuk ukuran mugnya mencapai tinggi 3.3 meter dan lebar 2.62 meter.

6. Potret mozaik kopi bubuk terbesar di dunia

Di tangan orang kreatif, bubuk kopi bisa menjadi mozaik yang menggambarkan sosok terkenal. Guinness World Records mencatat potret mosaik kopi bubuk terbesar di dunia diciptakan oleh BrainFarm (PTY) Ltd dan Percy Maimela di Afrika Selatan pada 12 September 2019.

Mereka menciptakan mosaik seluas 25.96 m². Sosok yang dihadirkan adalah DJ Black Coffee, seorang DJ dan produser rekaman terkenal di Korea Selatan.

7. Waktu tercepat memindahkan 10 biji kopi dengan sumpit

Berbagai rekor kopi bisa dipecahkan, termasuk yang terlihat sepele sekalipun. Silvio Sabba di Milan, Italia memecahkan rekor untuk waktu tercepat memindahkan 10 biji kopi dengan sumpit. Ia hanya membutuhkan waktu 9.75 detik!

Rekor ini dipecahkan pada 31 Mei 2020. Sebelumnya Silvio sudah memegang beberapa rekor dunia dari Guinness World Records! Jadi gimana, sudah ngopi hari ini?

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi