Martin Manurung: Stok LPG 3 Kg Cukup, Masyarakat Jangan Panic Buying

Martin Manurung: Stok LPG 3 Kg Cukup, Masyarakat Jangan Panic Buying
Martin Manurung (kanan) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung memastikan stok LPG 3 kg cukup di Kota Medan. Ia pun mengunjungi beberapa pangkalan dan berdialog dengan penjual menanyakan terkait pasokan LPG. Kunjungan ini digelar guna memonitor ketersedian LPG subsidi langsung di lapangan.

"Saya apresiasi langkah cepat Pertamina yang telah melakukan berbagai langkah untuk memastikan kehandalan suplai LPG 3 kg bagi masyarakat," kata Martin didampingi Anggota DPRD Kota Medan, Afif Abdillah, usai melakukan sidak ke beberapa pangkalan di Kota Medan, Senin (31/7).

Ia menjelaskan, untuk supply gas elpiji mulai dari SPBE, agen, sampai pangkalan perlu disempurnakan secara terus menerus dengan sistem digital sehingga stok selalu termonitor dan jika terjadi kekurangan, dapat segera diisi. Sistem digital ini kemudian dilanjutkan untuk pembelian gas elpiji subsidi oleh para penerima yang berhak dan telah terdaftar.

"Perbanyak pangkalan sebagai lini akhir pembelian. Pangkalan-pangkalan kecil harus diperbanyak sehingga seluruh lini penjualan masuk ke dalam sistem," ungkapnya.

Menurut Martin, perlu diberikan edukasi kepada masyarakat dan antisipasi saat peak season untuk menghindari panic buying.

"Jangan panic buying, stok LPG cukup. Kalau perlu libatkan para pelaku sosial media untuk aktif edukasi dan social control," ucapnya.

Selain itu, kata Martin, penegakan hukum untuk para begal elpiji subsidi. Begal ini adalah yang mengoplos gas elpiji subsidi. Komisi VI DPR RI mendukung Pertamina untuk mengambil langkah tegas bersama aparat penegak hukum.

"Subsidi ini anggaran yang diperuntukkan untuk kelompok-kelompok miskin, yang memang harus dibantu oleh negara. Jadi harus ada kesadaran dari publik, kalau kita menggunakan barang subsidi berarti kita mengambil hak orang lain. Jangan kita mengambil hak si miskin, agar stok LPG 3 kg ini cukup," jelasnya.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Freddy Anwar, mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dan Anggota DPRD Kota Medan yang terus bersinergi bersama Pertamina Patra Niaga untuk memastikan ketersedian LPG subsidi 3 kg aman.

"Alhamdullilah kita telah berkunjung ke lapangan, melihat pangkalan-pangkalan yang ada di Kota Medan. Kita juga berterima kasih kepada Bapak Martin Manurung dan Bapak Afif Abdillah yang telah melihat sendiri bahwa fakta di lapangan tersedia LPG," kata Freddy.

Beberapa Pangkalan LPG yang didatangi mendadak oleh legislator Komisi VI tersebut yaitu Pangkalan S. Manalu di Jalan Bajak II, Marindal, Medan Amplas, Pangkalan Tulus TR Simbolon di Menteng VII No. 16, Medan Denai, Pangkalan Azuardi di Jalan Selamat 12-8, Medan Denai dan Pangkalan W. Malau Jalan M.G Manurung, Timbang Deli, Medan Amplas.

Selain itu, Martin dan Freddy juga memantau aktivitas di Agen LPG 3 kg yang berada di Jalan Amaliun, Gg Umanat No. 1 Medan.

Bagi masyarakat dan pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dari Pertamina dapat mengakses web MyPertamina dan dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi