2 Jemaah Haji Asal Palas Masih Tinggal di Madinah Akibat Sakit

2 Jemaah Haji Asal Palas Masih Tinggal di Madinah Akibat Sakit
2 Jemaah Haji Asal Palas Masih Tinggal di Madinah Akibat Sakit (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kualanamu - Dua Jemaah haji asal Kabupaten Padanglawas (Palas) Sumatera Utara (Sumut) yang tinggal di Madinah, Arab Saudi, karena sakit direncanakan diberangkatkan pada kloter terakhir 3 Agustus 2023.

"Insya Allah dua jemaah asal Palas yang sebelumnya tertinggal karena sakit akan diberangkatkan pada kloter akhir ini," kata Kakanwil Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi Nasution, di Kualanamu, Rabu (2/8).

Kata dia, sebelumnya jemaah yang tinggal di Arab Saudi sebanyak 4 orang. Namun 2 orang sudah duluan diberangkatkan lewat embarkasi Solo yang transit di Bandara Kualanamu.

Lebih lanjut disebutkan Qosbi, untuk pelaksanaan haji tahun ini secara umum, keberangkatan dan pemulangan berjalan baik. Untuk jemaah haji embarkasi Medan 2023 sebanyak 8.365, meninggal 40 jemaah.

"Ya, memang ada kendala,namun tidak begitu luar biasa dan masih bisa ditangani dengan baik berkat kerja sama semua pihak," jelasnya.

Harapan ke depan adanya permasalahan Armuzna yang sempat viral akan dilakukan evaluasi dan pelayanan akan ditingkatkan semaksimal mungkin, baik di tanah air dan di Arab Saudi.

Disoal tambahan air zamzam 5 liter untuk jemaah haji l, sehingga jemaah mendapat 10 liter tahun ini, ia menyebutkan akan diberikan setelah pemulangan kloter terakhir.

"Sejauh ini masih proses, insya Allah akan diberikan zamzam setelah kloter terakhir ini," pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi