Kemenag Asahan Kirab Moderasi Beragama Sambut HUT ke-78 RI

Kemenag Asahan Kirab Moderasi Beragama Sambut HUT ke-78 RI
Kemenag Asahan Kirab Moderasi Beragama Sambut HUT ke-78 RI (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Kementerian Agama Kabupaten Asahan menggelar kirab moderasi beragama dengan cara road show menuju kantor kementerian Agama Kabupaten Batubara, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Pelepasan kirab moderasi itu langsung dilakukan Ketua DPRD Asahan, Baharudin Harahap, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan, Saripuddin Daulay, di halaman Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Asahan, Senin (7/8).

"Ini bentuk dalam penguatan kebangsaan NKRI, yaitu menyongsong HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Saripuddin Daulay.

Lebih lanjut Saripuddin mengatakan, ini adalah salah satu bentuk dukungan bahwa memang moderasi beragama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan yang melakukan penguatan-penguatan moderasi beragama. Moderasi beragama ini salah satu bentuk penguatan kebangsaan dan juga anti kekerasan, toleransi sekaligus penguatan nilai tradisi di Kabupaten Asahan ini.

"Ini salah satu komitmen dari moderasi beragama, dan saya ucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Kementerian Agama Kabupaten Asahan sampai hari ini komit terhadap penguatan moderasi beragama," ujarnya.

Ketua DPRD Asahan, Baharudin Harahap mengatakan, hari ini dilaksanakan momentum dari Kementerian Agama Kabupaten Asahan yaitu kirab moderasi beragama dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Saya pimpinan DPRD Kabupaten Asahan mengucapkan selamat kepada jajaran Kementerian Agama yang telah melaksanakan kirab moderasi beragama, ini untuk memupuk rasa persaudaraan kita yang sama dimata negara," kata Baharudin.

Tujuan dari kirab moderasi beragama ini adalah anti dari kekerasan dan toleransi beragama.

"Ini tujuan dari kirab moderasi beragama, dalam pelaksanaan kirab moderasi beragama menuju ke Kabupaten Batubara saya doakan selamat sampai tujuan," ujarnya.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi