3.545 Atlet Siap Bertarung di Porkot Medan XIII

3.545 Atlet Siap Bertarung di Porkot Medan XIII
Petugas pengajar bendera sedang melakukan gladi resik pelaksanaan Porkot Medan 2023 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XIII/2023 bakal diikuti 3.545 atlet dari 21 KONI Kecamatan se-Kota Medan. Ajang multi event olahraga tahunan itu tahun ini pertandingkan 24 cabang olahraga yang berlangsung mulai 19 hingga 26 Agustus 2023.

Porkot Medan 2023 adalah puncak dari berbagai kejuaraan yang telah digelar sebelumnya. Seperti Porwil Medan 2023 pada Februari dan Maret lalu, dan Piala Wali Kota 2023 yang berakhir Juni.

Ketua KONI Medan, Eddy H Sibarani menjelaskan, Porkot adalah upaya pemerintah kota Medan dalam mendongkrak tumbuhkembangnya klub cabang olahraga, khususnya di kecamatan-kecamatan.

“Porkot akan dibuka besok (19 Agustus) dan ditutup 26 Agustus di Stadion Teladan. Kalau tidak ada halangan dibuka langsung Walikota Medan Bobby Afif Nasution dan semua stakeholder olahraga, tokoh pemuda, dan dari elemen masyarakat lainnya,” kata Eddy Sibarani dalam sesi konferensi pers di Ruang Rapat KONI Medan, Jumat (18/8).

Pembukaan sendiri akan diawali dengan acara defile 21 kontingen diikuti perwakilan masing-masing. Kemudian juga diikuti aksi marching band, atlet binaan KONI Medan. Atraksi tarian massal pelajar SMP se-Kota Medan.

“Kemudian ada juga atraksi dansa, karate, kempo, tarung derajat, taekwondo, pencak silat, dan senam. Kemudian masyarakat juga dihibur dengan undian lucky draw dengan hadiah utama sepeda motor,” lanjut Eddy.

Pada Porkot 2023, hadiah utama bagi jaura umum akan mendapatkan satu unit sepeda motor. Sedangkan peringkat runner up dan ketiga mendapat televisi.

“Pembawa obor ada dua atlet yakni Heriyanto mantan atlet Wushu peraih emas SEA Games dan peraih emas PON 2012 yakni Nurmala Deli,” ucapnya.

Porkot tahun ini total mempertandingkan 24 cabang olahraga. Tiap cabor minimal harus diikuti 11 kontingen kecamatan dan total peserta minimal 75 atlet. Cabor-cabor yang dipertandingkan nantinya yakni arung jeram, bola basket, bola voli, bulu tangkis, catur, cricket, dayung, drumband, gateball, gulat, judo dan kempo. Kemudian karate, kick boxing, menembak, panahan, pencak silat, petanque, sepak takraw, taekwondo, tarung derajat, tenis, softball/baseball, serta cabor wushu.

(BBG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi