Dosen Politeknik Negeri Medan Pengabdian Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajaran di SMK Swasta Quickly Medan

Dosen Politeknik Negeri Medan Pengabdian Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajaran di SMK Swasta Quickly Medan
Dosen Politeknik Negeri Medan Pengabdian di SMK Swasta Quickly Medan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tim Pengabdian yang terdiri dari Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) menyelenggarakan pengabdian Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajaran di SMK Swasta Quickly, Medan.

SMK Swasta Quickly Medan yang berlokasi di Jl. Menteng 7 Gg. Swasembada No.21 Medan merupakan salah satu sekolah vokasi yang menjadi mitra dalam program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Medan tahun 2023 dengan mengangkat topik pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran.

Pemanfaatan teknologi di dunia Pendidikan bukanlah suatu hal yang baru di era revolusi industri 4.0 khususnya teknologi digitalisasi yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.

Untuk pelaksanaan PKM di SMK Swasta Quickly Medan, tim pelaksana PKM memberikan sharing knowledge menggunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran.

Kegiatan PKM dilakukan oleh Tim Pelaksana yang diketuai oleh Samaria Chrisna HS, S.T., M.T. dengan anggota Sinta Marito Siagian, S.Si., M.Si., Yuvina, S.T., M.T dan Meidi Wani Lestari, S.T., M.T. serta turut melibatkan tenaga kependidikan Susaidin, A.Md., dan Mahasiswa/i Politeknik Negeri Medan dari Program Studi Teknik Elektronika (Muhammad Hafiz Arrayyan, Widya Anjelina Tambunan dan Sonia br Togatorop) dan dari Program Studi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik (Priansus Rhein Rumahorbo dan Dery Matthew Halomoan Sihite).

Pengabdian Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajaran Siswa.
Sharing knowledge yang dilakukan pada 24 Agustus 2023 terlaksana dengan baik dengan melibatkan Guru-guru di SMK Swasta Quickly Medan sejumlah 12 orang. Hasil dari kegiatan PKM berupa perangkat Media Pembelajaran yaitu proyektor, layar proyektor dan alat pendukung lainnya turut diserahkan oleh Tim Pelaksana kepada SMK Swasta Quickly Medan.

Dollar Tua Barasa, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK Swasta Quickly Medan menyambut baik kegiatan ini dan menuturkan bahwa terlaksananya kegiatan ini, guru-guru di SMK Swasta Quickly Medan telah menerima pengetahuan terkait teknologi terkini yang nantinya dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar serta berterimakasih atas perangkat media pembelajaran yang telah diberikan.

"Kedepannya SMK Swasta Quickly Medan diharapkan semakin eksis," ujarnya.

Tim pelaksana mengharapkan pelaksanaan dari PKM ini mencapai tujuan PKM yaitu untuk problem solving, komprehensif dan bermakna, tuntas dan berkelanjutan dengan khalayak sasaran masyarakat yang tidak produktif secara ekonomi dengan adanya peningkatan keberdayaan mitra.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi