Dosen Politeknik Negeri Medan Laksanakan Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat di GBKP Tanjung Raja, STM Hulu

Dosen Politeknik Negeri Medan Laksanakan Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat di GBKP Tanjung Raja, STM Hulu
Dosen Politeknik Negeri Medan Laksanakan Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat di GBKP Tanjung Raja. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) melaksanakan program pengabdian kemitraan masyarakat di GBKP Tanjung Raja, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang.

GBKP Majelis Runggun Tanjung Raja beralamat di Desa Tanjung Raja No 73, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang adalah suatu tempat peribadatan masyarakat di daerah tersebut.

Kegiatan peribadatan tiap minggunya masih dilaksanakan secara konvensional dan belum pernah menerapkan teknologi multimedia interaktif.

Sehingga tim pengusul Politeknik Negeri Medan melakukan kegiatan pengabdian di tempat tersebut. Adapun tim pengusul yang dimaksud adalah Sinta Marito Siagian, S.Si., M.Si sebagai Ketua Tim Pelaksana, dan sebagai anggota tim pelaksana di antaranya adalah Ferdinan R Tampubolon S.Si., M.Si., Agustina Ginting S.S., M.Hum., dan Lamtiur Sinambela, S.Si., M.Si.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 19 Agustus 2023 pada pukul 14.00. Kegiatan ini diawali dengan kata pembuka oleh ketua tim pengusul yang mengatakan bahwa keberlanjutan kerja sama antara pihak gereja dan pihak pengusul akan terus dilakukan sehingga seluruh jemaat dapat merasakan dampak dari adanya kegiatan ini.

Pemberian cinderamata.
Kemudian dilanjutkan dengan adanya sesi pelatihan penggunaan multimedia interaktif dan penggunaan aplikasi easyworship yang disampaikan oleh pemateri, Samaria Chrisna H, S.T., M.T.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 3 jam dan pemuda-pemudi terlihat sangat antusias dengan adanya pelatihan tersebut dikrenakan mereka belum pernah menggunakan proyektor dan layar proyektor.

Tidak hanya itu saja, mereka juga belum pernah mendengar dan menggunakan aplikasi easyworship yang dapat dimanfaatkan pada kegiatan ibadah. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan memperkenalkan aplikasi tersebut dan tata cara membuat proyek ibadah yang dimulai dengan adanya list lagu dan ayat-ayat alkitab yang akan ditampilkan pada saat kegiatan tersebut.

Kegiatan ini juga dibantu oleh tenaga kependidikan yaitu Yessy Dea Silvia Saragih A.Md., yang bertugas untuk menyiapkan segala kebutuhan pada saat pelaksanaan pengabdian dan bekerjasama dengan mahasiswa Politeknik Negeri Medan.

Pukul 17.00 WIB, pelatihan sudah seleai dan dilanjutkan acara serah terima alat untuk inventaris gereja yang diarahkan oleh MC. Serah terima dilakukan antara kedua belah pihak yaitu Polmed sebagai pemberi dan GBKP sebagai penerima.

Ketua Pembinaan Pt. Datten Karo Sekali merasa bersyukur dengan adanya teknologi dan pelatihan yang diberikan dan hal ini menjadi kegiatan yang baru yang pernah dilaksanakan di gereja tersebut. Ia juga menyampaikan keinginan agar komunikasi harus selalu terjalin apalagi terkait dengan penggunaan aplikasi easy worship.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi