Forum Silaturami Alumni UMA Dideklarasikan

Forum Silaturami Alumni UMA Dideklarasikan
Wakil Rektor III Riskan Zuliadi bersama Ketua Umum Forum Silaturahmi Alumni UMA Tauhid Ichyar didampingi para pengrus saat deklarasi Forum Silaturahmi Alumni UMA di Medan, Sabtu (2/9). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Rektor Universitas Medan Area (UMA), Prof Dr Dadan Ramdan, mendukung deklarasi pendirian wadah ikatan alumni Forum Silaturahmi Alumni UMA di Hotel Madani Medan, Sabtu (2/9).

Deklarasi yang dipimpin Ir Sabaruddin Sagala sebagai ketua panitia (inisiator), dirangkai dengan ceramah ilmiah yang berjudul "Peran Alumni Intelektual dalam Mengatasi Pemanasan Global yang Berpengaruh dalam Ketersediaan Pangan Dunia" disampaikan Surya Yusuf (Bathara).

Rektor UMA Dadan Ramdan melalui Wakil Rektor III, Dr Riskan Zuliadi menyerahkan pataka kepada Ketua Umum Forum Silaturahmi Alumni UMA, Ir Tauhid Ichyar.

Tauhid mengutarakan ikatan alumni ini merupakan organisasi yang menghimpun dan menyalurkan aspirasi para alumni.

"Forum yang kita deklarasikan hari ini bertujuan untuk mengikat komunikasi baik dengan institusi maupun dengan sesama alumnus," ujarnya.

Forum ini berencana memberikan kontribusi dalam pengembangan almamater yang memiliki peranan dalam pembangunan generasi Indonesia.

Kegiatan pada forum ini tentunya dapat memperluas jejaring institusi, keberadaan alumni memberikan banyak input untuk kemajuan program studi pada UMA.

"Semakin bertambahnya jumlah alumni makin bertambah tantangan yang datang di masa mendatang. Bila kita ambil angka minimal 500 orang/tahun lulusan UMA, maka ada 20 ribu alumni saat ini. Untuk itu diperlukan wadah organisasi alumni yang dapat mengkonsolidasikan bidang organisasi yang profesional," paparnya.

Pertambahan jumlah alumni juga menuntut adanya penyaluran informasi yang semakin luas, cepat dan tepat. Tentu dengan semakin berkembangnya era digital saat ini diharapkan adanya peran dari alumni untuk berkiprah pada bidang yang sesuai dengan profesinya.

"Bukan berarti ketika kita sudah menjadi alumni UMA kita sudah tidak ada hubungan apa-apa lagi dengan almamater kita. Hari ini kita mendeklarasikan Forum Silahturahmi Alumni Universitas Medan Area, kita mengajak segenap sahabat-sahabat yang pernah bersama mengenyam pendidikan di UMA agar punya kontribusi terbaik untuk UMA serta masyakarat bukan sekadar bernostalgia di masa-masa awal berdirinya UMA atau setelahnya," ujarnya.

"Dengan ikut serta bergabung dalam wadah Forum Komunikasi Silaturahmi Alumni UMA, berarti kita turut serta membesarkan UMA. Di wadah ini tentunya, kita membuka diri dan membuka pintu seluas luasnya bagi para alumni untuk bergabung bersama melalui wadah yang kita deklarasikan hari ini," ujarnya.

Di bagian akhir, Tauhid Ichyar mengutarakan, pada deklarasi ini dia mengajak bersama melangkah dengan tema "Meningkatkan Persaudaraan dan Kebersamaan Alumni".

(GAS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi