Sofyan Tan Apresiasi Kemajuan Ekosistem Perfilman Nasional

Sofyan Tan Apresiasi Kemajuan Ekosistem Perfilman Nasional
Sofyan Tan (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Sofyan Tan bersama Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menginisiasi gelaran Nonton Bareng Film Keluarga Cemara 2, di Auditorium Bung Karno, Yayasan Sultan Iskandar Muda, Medan, Rabu (25/10).

Kegiatan Nonton Bareng atau akrab dikenal Nobar turut dihadiri pula oleh Marlina Machfud sebagai perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Nobar Film Keluarga Cemara 2 yang digagas oleh Pemkot Medan berkolaborasi dengan Kemendikbudristek ini merupakan wujud dukungan terhadap perkembangan ekosistem perfilman di Tanah Air sekaligus apresiasi pada Kemendikbdiristek yang berkomitmen memajukannya.

Sofyan mengatakan, film bukan sekadar visualisasi seni budaya, namun juga menjadi alat memahami sesuatu hal yang terjadi untuk menjadi pembelajaran bagi diri sendiri. Melalui film banyak hal dapat dipahami untuk memotivasi diri.

“Dengan begitu ekosistem perfilman di Tanah Air harus didukung dan membutuhkan andil seluruh pihak masyarakat agar makin maju dan berdaya saing di kancah internasional. Terutama film yang mendidik dan mampu menumbuhkan jiwa berkarya generasi muda bangsa,” ujar Sofyan.

Menurut Sofyan, para sineas anak bangsa juga tidak kalah hebatnya dalam memproduksi karya seni film yang dihadirkan kepada publik dengan penuh pesan moral sekaligus mendidik ke publik.

“Inspirasi dan kreativitas seperti itulah yang berkontribusi besar terhadap kemajuan ekosistem perfilman Indonesia. Hal ini harus mendapat perhatian penting dari pemerintah dan DPR RI agar mencari upaya memacu munculnya lagi sineas nasional, terutama dari generasi muda, yang melahirkan film berkualitas,” ucap Sofyan.

Sofyan juga menyampaikan apresiasi besarnya kepada pihak Kemendikbudristek yang selama ini konsisten dan komitmen memajukan ekosistem perfilman nasional melalui segala upaya strategi sehingga sinema Indonesia pun kompetitif.

Disebutkan, kepedulian dan kinerja serius Kemendikbudristek membangun ekosistem perfilman nasional merupakan bukti kehadiran negara pada pemajuan kebudayaan sesuai amanat undang-undang.

“Saya mengimbau agar apa yang dilakukan oleh Kemendikbdristek untuk memajukan ekosistem perfilman nasional mendapatkan dukungan dari para pegiat film dan masyarakat. Tujuannya agar dunia perfilman bangsa Indonesia unggul di tataran global,” imbuh Sofyan.

Film Keluarga Cemara 2 dirilis pada bulan Juni 2022 yang disutradarai Ismail Basbeth dan diproduseri oleh Anggia Kharisma. Film ini mengisahkan tentang problematika dalam rumah tangga yang kerap kita temui bahkan kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Film yang diperankan oleh Ringgo Agus Rahman yang berperan sebagai Abah dan juga Nirina Zubir sebagai Emak ini juga mengangkat fenomena baru di mana ada kasus anak tengah dalam keluarga. Problematika anak tengah yang jarang diketahui diangkat dalam film yang penuh masalah.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi