Mahasiswa Internasional Antusias Ikuti Lomba Bahasa Indonesia di UMSU

Mahasiswa Internasional Antusias Ikuti Lomba Bahasa Indonesia di UMSU
Mahasiswa Internasional Antusias Ikuti Lomba Bahasa Indonesia di UMSU (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sejumlah mahasiswa internasional dari Amerika, Nowergia, Kolombia Jepang, Cina, Thailand, Kamboja hingga Malaysia antusias mengikuti lomba dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang digelar di Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara di Jalan Kapten M Basri, Medan, Sabtu (28/10).

Lomba yang diselenggarakan Lembaga Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) UMSU itu bagian dari festival bulan bahasa dan kebudayaan internasional. Festival bertema "Merangkul Keberagamaan melalui Pelestarian Bahasa dan Cagar Budaya" juga bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober.

Ketua BIPA UMSU Dr. Muhammad Arifin, M.Pd membuka langsung kegiatan ini, mengatakan kegiatan ini dalam rangka memperingati bulan bahasa dan sumpah pemuda. Dia juga mengatakan mahasiswa asing di UMSU mendapatkan apresiasi dari Balai Bahasa Sumatera Utara.

"Alhamdulillah, mahasiswa asing di UMSU juga pernah diundang menjadi pengisi acara dan mengikuti ujian UKBI," ujar Dr. Arifin.

Sekrtaris BIPA UMSU Dr. Cut Novita Srikandi, M.Hum, menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan mahasiswa asing se-Kota Medan.

"Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk menjelajahi kebudayaan global," ujar Dr. Cut.

Seorang peserta asal Colombia, Sara Henao mengaku, sangat gembira bisa mengikuti lomba nyanyi berbahasa Indonesia. Dalam perlombaan dia mengaku, menyanyikan lagu "Sempurna" milik Andra 'n The Backbone.

"Saya sangat senang bisa bernyanyi, tapi tadi sempat nervous saat tampil di atas panggung," katanya dengan Bahasa Indonesia yang lumayan lancar. Sara mengaku, sudah 12 tahun di Indonesia dan sangat menyukai makanan rendang.

Festival diisi dengan seminar kebahasaan dan kebudayaan yang dibawakan oleh dua pemateri yaitu, Prof. Wan Syaifuddin, M.A., Ph.D tentang "Pentingnya Budaya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA)" dan Dr. Andi Wate Polili. M.Hum tentang "Kiat Belajar BIPA Yang Mudah Dan Menyenangkan".

Dilanjutkan ragam perlombaan kebahasaan dan budaya yakni lomba menyanyi lagu bahasa Indonesia, pantun dan puisi. Selain itu, setiap mahasiswa Internasional UMSU turut mempersembahkan parade kebudayaan dan menyanyikan lagu dari negara asal mereka.

Festival ditutup dengan pengumuman pemenang lomba dari setiap kategori dan penampilan dari mahasiswa asal Kamboja dan Thailand.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi