Khalilah Azzura Nasution, Anak Medan Finisher Pertama “Ironkids Langkawi” Malaysia

Khalilah Azzura Nasution, Anak Medan Finisher Pertama “Ironkids Langkawi” Malaysia
Khalilah Azzura Nasution, Anak Medan Finisher Pertama “Ironkids Langkawi” Malaysia (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Menjadi kebanggaan bagi Kota Medan. Khalilah Azzura Nasution berhasil meraih posisi 1st (pertama) finisher kategori Anak (Perempuan) usia 7-10 tahun pada event Ironkids Langkawi, Malaysia, 6 Oktober lalu. Prestasi ini untuk kali kedua sebab tahun lalu, Cinta – demikian panggilan akrabnya – menyelesaikannya di urutan ke-3.

Di kategori Aquathlon ini, 133 peserta dari berbagai negara harus menyelesaikan dua cabang olahraga sekaligus, yaitu berenang 100 meter di laut dilanjutkan lari 1,8 kilometer menuju garis finish.

Sebagai finisher pertama, Khalilah Azzura Nasution terukir sebagai atlet Indonesia pertama yang masuk peringkat pertama Ironkids Langkawi dan terdata dunia pada link sportsplits.com.

Cinta yang lahir 27 Maret 2014 ini duduk di kelas 4 SD Al-Fithtriah Medan, anak kedua dari dua bersaudara pasangan Ivan Nasution dan Lia Azwari.

Event ini selalu mengikuti setiap event utamanya, yaitu Ironman Triathlon meliputi berenang, bersepeda dan marathon yang selalu diselenggarakan hampir di seluruh belahan dunia.

Ivan Nasution menjelaskan, dibutuhkan tiga bulan latihan intensif dan kedisiplinan serta asupan makanan bergizi untuk mempersiapkan fisik dan mental Cinta dalam kompetisi tahun ini.

Latihan yang terjadwal dan disiplin setiap hari, di antaranya berenang ketahanan 30 menit, berlari dengan target lima kilometer dalam batas waktu 30 menit dan beberapa latihan fisik lainnya yang diawasi langsung sang orangtua.

Atas keberhasilannya menjadi finisher pertama kategori alAnak (Perempuan) usia 7-10 Tahun, Cinta dihadiahi medali dan sertifikat.

"Ketertarikan Cinta untuk berenang dan berlari awalnya karena kami sekeluarga kerap berakhir pekan dengan berenang, bersepeda dan jogging," imbuh Ivan Nasution, Minggu (29/10).

Dia menjelaskan, Cinta telah mengenal olahraga triathlon pada 2019 ketika berumur lima tahun. Dalam kesehariannya, Cinta juga menekuni cabang olahraga sepatu roda bahkan telah mengukir prestasi nasional di berbagai provinsi, juga di Malaysia.

"Sekarang Cinta sedang mempersiapkan diri untuk event Triathlon di Desaru Coast Mei 2024 yang mengharuskan Cinta memulai dengan berenang 100 meter dilanjutkan bersepeda empat kilometer dan diselesaikan dengan berlari 1.3 kilometer," terang Ivan.

Berbeda dengan anak-anak seumurannya yang biasanya mengidolakan para bintang K-Pop, Cinta justru sangat mengidolakan dua atlet triathlon kebanggaan Indonesia, yakni Maya Djatirman yang berhasil masuk kualifikasi Ironman World Championship Kona Hawaii 2023 dan juga Andi Wibowo, mantan atlet renang olimpiade Indonesia.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi