Agincourt Resources Gelar ECJ, Berkomitmen Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Agincourt Resources Gelar ECJ, Berkomitmen Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca
Managemen PT AR diabadikan bersama para civitas akademik dan mahasiswa. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Padangsidimpuan - PT Agincourt Resources (AR) , pengelola Tambang Emas Martabe, mengadakan E-Coaching Jam di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS), Jalan STM Arif Kota P. Sidimpuan.

"Perusahaan berkomitmen menerapkan praktik pengelolaan lingkungan hidup dan mempromosikan praktik pengelolaan lingkungan kepada masyarakat sekitar, termasuk ke lingkungan kampus. Karena itulah, Perusahaan mengadakan Program E-Coaching Jam (ECJ) di UMTS dengan mengundang kampus-kampus sekitar Tapsel," ujar General Manager Operations PT Agincourt Resources, Rahmat Lubis, Sabtu, (9/12).

Dikatakan, pihaknya berdedikasi menjalankan operasional pertambangan secara bertanggung jawab dengan mengutamakan keseimbangan antara bisnis serta kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan melalui praktik pengelolaan lingkungan yang efektif.

Selama ini lanjutnya, PT AR mendukung pemerintah Indonesia mengejar target penurunan emisi gas rumah kaca sesuai dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) Perjanjian Paris 2015. Salah satunya terlihat dari aksi penanaman 73.815 bibit pohon di area reklamasi dan 38.306 bibit pohon di luar area Tambang Emas Martabe yang berpotensi menyerap karbon lebih dari 22.453 ton CO2e.

Di bidang energi baru terbarukan, PT AR telah mengalihkan sebagian penggunaan listriknya yang tadinya berasal dari pembangkit listrik fosil menjadi pembangkit listrik energi terbarukan. Wujud konkret yang diterapkan yakni mengoperasikan panel surya berkapasitas 2,1 MWP di kawasan Tambang Emas Martabe serta menggunakan peralatan processing berupa Instalasi Sleep Energy Recovery (SER) yang bertujuan meregenerasi daya agar dapat dipakai kembali dengan potensi penghematan energi sebesar 6,49% per bulan.

Sementara Rektor UMTS, Muhammad Darwis mengharapkan, mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi duta-duta pelestarian lingkungan.

“Melalui forum ini, kami ingin ada pemahaman praktis yang disampaikan kepada mahasiswa mengenai cara menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Apresiasi kepada Tambang Emas Martabe yang telah menularkan semangat ini,” katanya.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono, mengatakan, diskusi ECJ berlangsung interaktif, diwarnai dengan berbagai pertanyaan dan masukan dari mahasiswa. Selain antusias mengikuti diskusi ECJ, mahasiswa juga dapat memperkaya pengetahuannya melalui pameran lingkungan dari berbagai komunitas peduli pelestarian lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi semangat teman-teman mahasiswa yang mau terlibat secara aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Hal ini sesuai dengan tujuan perusahaan dan tujuan ECJ yaitu menumbuhkan kesadaran dan pemahaman kepada civitas akademika tentang lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati,” ucapnya.

Ditambahkan, ECJ di UMTS merupakan ECJ tatap muka (offline) ke-24 yang diadakan PT AR sejak tahun 2014. Selama 1 dekade diselenggarakan, ECJ telah menjembatani komunikasi hampir 5.000 mahasiswa di seluruh wilayah di Indonesia dengan para pakar dari berbagai bidang, mulai dari pertambangan, geologi, lingkungan hidup, komunikasi, bisnis, hingga ketenagakerjaan dan keberagaman gender.

Kegiatan bertema "Harmoni untuk Bumi – Menjaga Lingkungan Demi Keberlanjutan" di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) ini diikuti menghadirkan pakar yang juga praktisi dan pegiat dengan pengalaman luas dalam bidang lingkungan dan keberlanjutan, yakni Manager Environmental PT Agincourt Resources Mahmud Subagya dan Co-Founder Plastic for Nature Juan Aprilliano.

Hadir dalam acara itu, para mahasiswa dari Universitas Graha Nusantara, UIN Syahada Padangsidimpuan, Universitas Aufa Royhan, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Akademi Kebidanan Darmais Padangsidimpuan, Akademi Kebidanan Matorkis, dan Akademi Kebidanan Sentral.

(HIH/BR)

Baca Juga

Rekomendasi