Polres Sergai Siap Amankan Pelaksanaan Pemilu 2024

Polres Sergai Siap Amankan Pelaksanaan Pemilu 2024
Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 (Analisadaily/Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Polres Serdang Bedagai (Sergai) dan Polsek jajaran siap mengamankan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 berkolaborasi dengan pemerintah daerah (Pemda) dan penyelanggara Pemilu.

Kolaborasi dengan Pemda dan penyelenggara Pemilu ini guna mengedepankan Pemilu damai di Sergai, Harkamtibmas terpelihara dan pelaksanaan Pemilu berlangsung dengan aman dan lancar.

Hal itu disampaikan Ps Kasi Humas Polres Sergai, Iptu Edward Sidauruk, di Mapolres Sergai, Jalan Negara, Desa Firdaus, Kecamatan Seirampah, Minggu (10/12).

“Kebersamaan sinergitas kolaborasi dengan pemerintah daerah, penyelenggara Pemilu dan penegak hukum, maka tahapan-tahapan Pemilu diharapkan berjalan dengan situasi kondusif yang damai,” ucapnya.

Sebelumnya, Sabtu (9/12) telah digelar apel siaga pengawasan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Sergai, bertempat di halaman Kantor Bupati Sergai, di Seirampah.

Apel siaga tersebut dipimpin Ketua Bawaslu Sergai, Erwin Saputra Saragih, dan dihadiri Bupati Sergai, Darma Wijaya, Dandim 0204/DS Letkol Czi Yoga Febrianto, Kapolres Sergai, diwakili Kabag Ops Kompol LS Siregar dan Kasat Intelkam AKP Siswoyo, Ketua DPRD diwakili anggota DPRD Sarino, Kajari Sergai diwakili Kasi Intel Romel Tarigan, Kaban Kesbangpol, Nasrul Azis Siregar, dan diikuti para komisioner Bawaslu, pengawas kecamatan, kelurahan dan desa, serta perwakilan partai politik.

Dalam sambutannya Erwin Saputra Saragih mengatakan, melalui kegiatan ini Bawaslu menyampaikan kepada masyarakat Sergai bahwa seluruh pengawas Pemilu siap mengawasi dan mengawal demokrasi.

"Kita pastikan seluruh pengawas Pemilu kecamatan dan pengawas kelurahan dan desa memiliki pemahaman yang mendalam tentang aturan dan regulasi kampanye. Tingkatkan koordinasi antar pengawas dari mulai kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa," katanya.

Ia juga menekankan pentingnya memanfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk mendukung kerja pengawas. Membuat strategi khusus untuk pengawasan kampanye di media sosial terkait akun-akun yang memuat berita hoaks dan ujaran kebencian.

"Saya mendorong jajaran pengawas Pemilu untuk berinteraksi aktif dalam mendengarkan masukan, informasi dan memberikan pemahaman atas peran mereka dalam menjaga integritas Pemilu," ungkapnya.

“Kemudian pastikan bapak/ibu, sahabat dan kawan-kawan semuanya memiliki kesiapan mental dan fisik serta manfaatkan istirahat yang benar sebagaimana melaksanakan tugas dan fungsi yang benar dan aktif, serta hindari intimidasi,” tegasnya.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi