Satkamling Perlu Diaktifkan Jelang Nataru dan Pemilu 2024

Satkamling Perlu Diaktifkan Jelang Nataru dan Pemilu 2024
Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka revitalisasi Satkamling (Analisadaily/Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) serta Pemilu 2024, Kapolres Serdang Bedagai (Sergai), AKBP Oxy Yudha Pratesta, meminta aparatur pemerintahan desa mengaktifkan kembali Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di wilayah masing-masing.

Hal ini disampaikan Kapolres Sergai diwakili Wakapolres Kompol Damos C Aritonang saat membuka forum group discussion (FGD) dalam rangka revitalisasi Satkamling sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hokum Polres Sergai menjelang Natal 2023, Tahun Baru dan Pemilu 2024 yang dilaksaanakan di GOR Polres Sergai, Kamis (14/12).

Selanjutnya Wakapolres mengatakan situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan harapan seluruh masyarakat, untuk dapat menimbulkan rasa tentram dan damai. Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bukan hanya tugas Polri maupun TNI, masyarakat juga memiliki peran dalam menjaga Kamtibmas.

"Salah satu caranya adalah mengaktifkan kembali Satkamling di wilayah masing-masing," ujarnya.

Pelaksanaan FGD ini, katanya merupakan upaya mencari solusi dalam membangkitkan kembali pengamanan di setiap lingkungan masyarakat, dan menurut data dari Sat Binmas Polres Sergai jumlah Satkamling yang aktif saat ini sebanyak 8 dan yang tidak aktif 359.

Maka dalam hal ini, Polres Sergai telah berusaha semaksimal mungkin bagaimana supaya masyarakat mau berperan dalam menciptakan dan menjaga keamanan lingkungan, dengan menyurati dan berkoordinasi dengan pemerintah desa/lurah agar mengaktifkan kembali Satkamling di wilayah masing-masing, namun selalu menghadapi jalan buntu.

“Mudah-mudahan dalam pertemuan hari ini kita mendapatkan solusi yang terbaik,” ujarnya.

Kegiatan FGD ini diisi dengan penyampaian paparan oleh Kasat Binmas Polres Sergai AKP Royanber Panjaitan dan Kasatpol PP Pemkab Sergai M Wahyudhi serta dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab. Acara diakhiri pembagian peralatan Satkamling kepada para kepala desa.

Hadir mengikuti FGD ini Kabag Ren Polres Sergai Kompol R Samosir, para Kapolsek se-jajaran Polres Sergai, Kadis PMD Sergai diwakili Sekretaris Erfin Fahrulrozi dan diikuti para camat, kepala desa dan lurah se-Wilkum Polres Sergai, para Ketua LKMD serta para Bhabinkamtibmas.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi