Polsek Firdaus Razia Kendaraan Bermotor di Jalinsum Sergai-Tebing Tinggi

Polsek Firdaus Razia Kendaraan Bermotor di Jalinsum Sergai-Tebing Tinggi
Polsek Firdaus Razia Kendaraan Bermotor di Jalinsum Sergai-Tebing Tinggi (Analisadaily/Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Polsek Firdaus Kecamatan Seirampah, Polres Serdang Bedagai (Sergai) melakukan razia di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Tebing Tinggi, tepatnya di Dusun XVI Desa Sukadamai, Kecamatan Sei Bamban, perbatasan Sergai dengan Tebing Tinggi, Jumat (15/12).

Razia tersebut dipimpin Kapolsek Firdaus, AKP Idham Halik, dengan melibatkan personel gabungan Polres Sergai dan Polsek Firdaus.

“Razia ini merupakan bagian dari langkah preventif untuk menjaga situasi kondusif di wilayah hukum Polres Sergai dan kami berharap operasi ini dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menyukseskan Operasi Lilin Toba Tahun 2023,” kata Ps. Kasi Humas Polres Sergai, Iptu Edward Sidauruk.

Dalam razia dimaksud, setiap kendaraan yang melintas dihentikan dan diperiksa, baik muatan maupun kelengkapan surat-surat kendaraan. Razia ini dilaksanakan merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam upaya menciptakan Kamseltibcar Lantas.

Adapun pemeriksaan yang menjadi poin utama ialah melakukan tindakan tilang terhadap pengedara yang tidak melengkapi kelengkapan dalam berkendara dan menindak keras pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot blong.

Menurutnya, ada beberapa langkah yang dilakukan mulai dari melakukan pengaturan lalu lintas di simpul-simpul rawan kemacetan sepanjang Jalinsum, melakukan tindakan langsung (tilang) terhadap pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan tidak dilengkapi kelengkapan kendaraan, seperti plat, spion dan helm.

Lalu petugas petugas menilang pengendara roda 4 dan roda 6 yang tidak memiliki surat-surat kendaraan, serta pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm.

“Selain razia dan patroli, kepolisian juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan operasi keamanan berjalan lancar dan aman bagi masyarakat, khususnya pengguna jalan raya,” ujarnya.

Polres Sergai berkomitmen mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif. Razia ini juga upaya untuk memastikan Kamtibmas dalam Operasi Lilin Toba Tahun 2023 berjalan aman dan kondusif.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban yang sudah terjaga, serta menginformasikan kegiatan yang berpotensi menimbulkan gangguan Tibmas,” ungkapnya.

Disebutkannya hasil dari razia tersebut petugas melakukan tindakan tilang terhadap pengendara sepeda motor, roda 4 dan roda 6 sebanyak 5 set. Kemudian ada 4 unit sepeda motor dan 1 unit roda 4 yang diamankan karena tidak dilengkapi surat-surat kendaraan.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi