Gempa Guncang Bayah Banten, Terasa Hingga Sukabumi

Gempa Guncang Bayah Banten, Terasa Hingga Sukabumi
Pusat gempa M5,9 yang berlokasi di 7.57 LS, 106.14 BT, 72 km Barat Daya, Kabupaten Bayah, Banten di kedalaman 74 km pada Rabu, (3/1/2024). (ANTARA/HO/BMKG)

Analisadaily.com, Banten - Gempa dengan Magnitudo (M) 5,9 yang berpusat di Kabupaten Bayah, Banten, juga dirasakan oleh warga Kota dan Kabupaten Sukabumi pada Rabu, (3/1) pukul 07.53 WIB.

"Kami masih memantau kondisi pasca-gempa apakah ada kerusakan atau tidak," kata Kepala Pelaksana Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Novian Rahmat dilansir dari Antara.

Sesuai data BMKG, gempa M5,9 tersebut berlokasi di 7,57 Lintang Selatan (LS) dan 106,14 Bujur Timur (BT) atau 72 km Barat Daya, Kabupaten Bayah, Banten, di kedalaman 74 km.

Gempa tersebut, lanjutnya, itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Kami melakukan monitoring dengan melibatkan relawan kecamatan, tetapi gempa yang juga getarannya dirasakan di sejumlah daerah di Jawa Barat tidak mengakibatkan kerusakan rumah warga," kata Febby.

Sementara itu sejumlah warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, mengatakan gempa magnitudo 5,9 cukup besar dirasakan getaranya, namun hanya berlangsung beberapa detik saja.

"Kami sempat keluar rumah ketika terjadi getaran gempa bumi, namun tidak begitu lama," kata Yayah (55), warga Pasir BPM Rangkasbitun,g Kabupaten Lebak.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi