Resmi, AS Roma Berpisah dengan Jose Mourinho

Resmi, AS Roma Berpisah dengan Jose Mourinho
Resmi, AS Roma Berpisah dengan Jose Mourinho (Internet)

Analisadaily.com, Jakarta - Klub Italia AS Roma resmi berpisah dengan pelatihnya Jose Mourinho, demikian diumumkan langsung oleh pihak klub, Selasa(16/1).

Pengumuman itu setelah Giallorossi menderita dua kekalahan beruntun yaitu dari Lazio dengan skor 0-1 di perempat final Coppa Italia dan dari AC Milan dengan skor 1-3 di ajang Liga Italia.

“AS Roma dapat mengonfirmasi bahwa Jose Mourinho dan staf kepelatihannya akan segera meninggalkan klub,” tulis laman resmi klub.

Dilansir dari Antara, sejak didatangkan Roma pada Mei 2021 sebagai pelatih ke-60 klub sepanjang sejarah, Mourinho telah memimpin tim sebanyak 138 kali dengan catatan 68 kemenangan, 30 imbang, dan 40 kekalahan.

Dari catatan itu, The Special One memberikan satu trofi untuk Roma yaitu Liga Konferensi Eropa musim 2021/2022. Pelatih 60 tahun itu hampir menambah gelar Eropanya untuk Roma pada musim berikutnya.

Namun, ia harus gigit jari karena takluk 1-4 melalui drama adu penalti setelah sama kuat 1-1 pada laga final Liga Europa musim 2022/2023 ketika melawan Sevilla.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose atas nama kami semua di AS Roma atas semangat dan usahanya sejak kedatangannya di klub,” kata Dan dan Ryan Friedkin.

“Kami akan selalu memiliki kenangan indah tentang masa jabatannya di Roma, tapi kami yakin perubahan segera adalah demi kepentingan terbaik klub. Kami mendoakan yang terbaik bagi José dan asistennya dalam upaya mereka di masa depan,” tambah keduanya.

Roma menyebut pengumuman tentang siapa yang menggantikan pelatih asal Portugal itu selanjutnya di kursi pelatih baru akan diumumkan lebih lanjut.

Sementara itu, setelah pengumuman pemecatan Mourinho, pakar transfer Fabrizio Romano menyebut sang legenda klub Daniele De Rossi menjadi kandidat kuat untuk menjadi pelatih baru.

“Daniele De Rossi, daftar teratas di AS Roma untuk menggantikan Jose Mourinho sebagai pelatih kepala baru. ‏ Keputusan kepergian Jose Mourinho dari klub telah dibuat oleh pemiliknya, keluarga Friedkin,” tulis Romano melalui Twitter resminya, Selasa.

Kini, Roma berada di posisi kesembilan klasemen sementara Liga Italia dengan 29 poin dari 20 laga. Sementara di Liga Europa, Roma akan menjalani laga play-off babak 16 besar dengan menghadapi peringkat ketiga salah satu tim dari Liga Europa yaitu Feyenoord.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi