Edarkan Pertalite Oplosan di Langkat, Pemuda Asal Belawan Ditangkap Polisi

Edarkan Pertalite Oplosan di Langkat, Pemuda Asal Belawan Ditangkap Polisi
Kapolres Binjai, AKBP Rio Alexander (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Binjai - Seorang pemuda ditangkap polisi karena mengedarkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite. Pelaku ditangkap saat menawarkan BBM palsu di sebuah warung Jalan Sei Bingai, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.

Kapolres Binjai, AKBP Rio Alexander mengatakan, pelaku bernama Azhari (39) merupakan warga Jalan Pelabuhan Perikanan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. Penjualan BBM palsu itu sudah berulang kali dilakukan oleh pemuda tersebut.

"Dia (pelaku) ditangkap pada Minggu (14/1) saat tengah menawarkan Pertalite oplosan di sebuah warung," katanya, Selasa (23/1).

Rio menjelaskan, Azhari bersama 2 temannya, awalnya mengajukan penawaran harga Rp 8.000 per liter kepada pemilik warung berinisial MD, yang akhirnya memesan 10 jeriken dengan total 300 liter.

"Pada malam hari sekitar pukul 20.30 WIB, setelah mendapatkan informasi terkait kegiatan ilegal tersebut, pihak kepolisian melakukan penangkapan di lokasi," jelasnya.

Kata Rio, kedua rekan Azhari berhasil melarikan diri. Namun, petugas berhasil menyita barang bukti 10 jeriken berisi 300 liter Pertalite oplosan beserta perlengkapannya dari tangan Azhari.

"Pelaku mengakui Pertalite yang dijualnya adalah palsu. Proses pengoplosan dilakukan dengan mencampur zat pewarna makanan warna hijau dengan air dan minyak Pertalite," ungkapnya.

"Pelaku ini telah berulang kali melakukan aksinya, menghasilkan keuntungan sekitar Rp 50 juta. Pelaku saat ini telah ditahan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut," tambah Rio.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi