Serunya Festival Budaya Melayu RKBN, Upaya Pertahankan Kearifan Lokal Batu Bara

Serunya Festival Budaya Melayu RKBN, Upaya Pertahankan Kearifan Lokal Batu Bara
Serunya Festival Budaya Melayu RKBN, Upaya Pertahankan Kearifan Lokal Batu Bara (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Batu Bara - Solidaritas Relawan Bobby Afif Nasution (Sorban) menggelar Festival Budaya Melayu. Kegiatan ini merupakan salah satu cara mempertahankan kelestarian budaya dan kearifan lokal. Festival tersebut juga menjadi benteng masuknya budaya luar.

Ketua Panitia, Aldino Arif Ramadhan, mengucapkan terima kasih kepada Rumah Kolaborasi Bobby Nasution (RKBN) yang mendukung Festival Budaya Melayu RKBN sebagai salah satu upaya kita mempertahankan kearifan lokal yang ada di Batu Bara.

"Terima kasih kepada RKBN yang telah mendukung kegiatan ini. Festival Budaya Melayu RKBN ini sebagai salah satu upaya kita mempertahankan kearifan lokal yang ada di Batu Bara," kata Aldino saat memberikan sambutan pada Pembukaan Festival Budaya Melayu RKBN di Lapangan Bola LONSUM Dolok Estate, Lima Puluh, Minggu (28/1).

Dikatakan Aldino, di tengah situasi derasnya arus global saat ini, masuknya budaya luar tidak mudah untuk dibendung. Karena itu kegiatan Festival Budaya yang bermuatan lokal penting dilakukan sebagai sarana edukasi, sekaligus cara melestarikan budaya lokal.

Tujuan dilaksanakan Festival Budaya Melayu ini tidak lain untuk memberikan perlindungan dan pengembangan budaya, serta mentransfer ilmu kepada generasi muda agar kesenian Melayu tetap lestari.

“Juga dukungan SORBAN dalam memenangkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka satu putaran pada Pilpres 2024,” ucapnya.

Rangkaian kegiatan pada Festival Budaya Melayu RKBN yaitu Senam Gemoy bersama masyarat, Lomba Senam Kreasi Ahoyy, Lomba Lagu Melayu, dan Doorprize yang diikuti lebih dari 1000 orang.

Ketua RKBN, Muhammad Asril, berharap Festival Budaya Melayu menjadi sarana penting dalam memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada generasi muda? agar mereka mengetahui begitu banyak adat istiadat Melayu.

“Termasuk di tengah masyarakat Batu Bara,” ucapnya.

Penggiat Seni Melayu, Pepy, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada RKBN, dan berkomitmen dalam memenangkan Pilpres 2024 untuk Paslon nomor urut 02 satu putaran.

"Kita tahu dukungan yang luar biasa dari RKBN dalam pelestarian budaya keraifan lokal. Kita dari penggiat budaya Melayu komitmen untuk mengikuti arah politik dari RKBN memenangkan 02 dalam Pilpres yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024," tegasnya.

Festival Budaya Melayu berlangsung meriah. Kegiatan turut dihadiri Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Batu Bara, Ketua Sobat Bobby Batu Bara, Nagabonar Batu Bara, dan Bersatu Menangkan Bobby (BMB).

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi