KPU Sergai Musnahkan Surat Suara Pemilu yang Lebih

KPU Sergai Musnahkan Surat Suara Pemilu yang Lebih
KPU Sergai Musnahkan Surat Suara Pemilu yang Lebih (Analisadaily/Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupatdn Serdang Bedagai (Sergai) memusnahkan surat suara Pemilu tahun 2024 yang rusak, cacat, dan lebih, bertempat di gudang logistik KPU Sergai, di GOR yang berada di Kecamatan Perbaungan, Selasa (13/2).

Pemusnahan yng dilakukan dengan cara dibakar tersebut dihadiri dan disaksikan Ketua Ketua KPU Sergai, Agusli Matondang, Kapolres Sergai, AKBP Oxy Yudha Pratesta, mewakili Kapolres Tebingtinggi, Kasat Intelkam, AKP Suparmen, mewakili Kajari Sergai, Jordi Nainggolan, anggota Bawaslu Sergai, Handi Gunawan, Waka Polres Sergai, Kompol Damos C Aritonang, Kabag Ops Polres Sergai, Kompol L.S Siregar, Kasat Intelkam Polres Sergai, AKP Siswoyo, dan Kasat Reskrim Polres Sergai, AKP JH. Panjaitan.

Ketua KPU Sergai, Agusli Matondang mengatakan, jumlah surat suara Pemilu yang dimusnahkan sebanyak 1.195 lembar yang terdiri dari surat suara Calon Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 16 lembar, surat suara Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD RI) sebanyak 165 lembar, surat suara Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR RI), sebanyak 429 lembar, surat suara Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Sumatera Utara (DPRD Sumut) sebanyak 551, dan surat suara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sergai, sebanyak 34 lembar.

Menurut Agusli pemusnahan logistik Pemilu ini dilakukan secara transparan dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. “Pemusnahan ini dilakukan guna mencegah penyalahgunaan atau pelanggaran yang mungkin terjadi apabila logistik tersebutg tetap disimpan dan kondisi yang tidak terawat,” katanya.

Menjelang Pemilu 2024, lanjutnya, KPU Kabupaten Sergai, memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan interuitas proses Pemilu tetap menjadi prioritas utama, oleh karena itu ia mengajak seleuruh pemangku kepentingan untuk tgerus berpartisipasi dalam memastikan kelancaran dalam pelaksanaan Pemilu.

“Marilah kita bersama sama sukseskan Pemilu supaya Pemilu ini berjalan aman, tertib, dan berjalan lancar, seperti yang kita harapkan,” ajaknya.

Agusli menambahkan, KPU Sergai sudah mendistribusikan semua logistik Pemilu ke 17 kecamatan yang ada di kabupaten ini, dan pada hari ini pula semua logistik tersebut sudah sampai ke TPS masing-masing di seluruh desa/kelurahan di masing-masing kecamatan.

Pemusnahan tersebut dibuat dalam berita acara yang ditanda tangani oleh pihak KPU Sergai, Kepolsian Polres Sergai, Polres Tebingtinggi, Kejaksaan Negeri Sergai, dan Bawaslu Sergai.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi