Pemko Tebingtinggi MoU dengan Pemkab Karo dan PLN

Pemko Tebingtinggi MoU dengan Pemkab Karo dan PLN
Pemko Tebingtinggi MoU dengan Pemkab Karo dan PLN (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tebingtinggi - Sebagai upaya meningkatkan sinergi kolaborasi dan tata kelola organisasi pemerintahan yang baik serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi melakukan penandatanganan kesepakatan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo dan PT PLN UP3 Pematangsiantar, di ruang Aula lantai IV gedung Balai Kota Jl. Dr. Sutomo.

Kesepakatan bersama dengan Pemkab Karo tersebut ditandatangani Penjabat Wali Kota Tebingtinggi, Syarmadani, dan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang. Adapun kesepakatan bersama tersebut dimaksudkan untuk mengadopsi aplikasi SITALAKBAJAKUNREB (Sistem Informasi Ketatalaksanaan, Analisa Jabatan, Beban Kerja, Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi) yang dimiliki Pemerintah Kota Tebingtinggi.

Sementara Kesepakatan Bersama dengan PT PLN ditandatangani Pj. Wali Kota Tebingtinggi dan Manager PT. PLN (Persero) UP3 Pematangsiantar, Hasudungan Siahaan.

Dalam kesempatan ini, Pj. Wali Kota menceritakan secara singkat letak demografi dan kehidupan ekonomi masyarakat di Kota Tebingtinggi serta fokus pembangunan tahun 2025, sebagai kota pendidikan, kota kuliner dan kota layanan kesehatan.

“Kami sadar kita tidak bisa bekerja sendiri, kita harus bersama-sama. Hormat kami kepada Pemkab Karo yang telah bersedia meningkatkan perjanjian kerjasama,” ungkap Pj. Wali Kota, Sabtu (24/2).

Terkait hal penandatangan kesepakatan bersama ini, Syarmadani mengatakan, sebagai suatu pemahaman membangun reformasi birokrasi.

“Kepada Ibu Bupati, ini kerja pendahulu saya. Tapi kita coba ini tetap semakin meningkat, mendukung reformasi birokrasi. Kawan OPD mendukung tercapai yang signifikan, paling tidak progresnya peningkatan. Ini kita manfaatkan buat dikembangkan bersama, dan ini menjadi cikal bakal kerja sama yang lain,” papar Syarmadani.

Syarmadani juga berharap terjalinnya kerja sama di bidang lain, mengingat Pemkab Karo merupakan salah satu daerah penghasil tanaman holtikultura.

“Penyebab inflasi sangat tinggi saat ini, antara lain cabe dan tomat. Silahkan (jual) ke tempat kita, mengingat harga cabai masih tinggi. Terima kasih kepada Ibu Bupati dan rombongan, selamat datang. Mudah-mudahan ini langkah awal kita menuju kebaikan,” harapnya.

Terkait kesepakatan bersama dengan PT. PLN, ini bukan merupakan hal yang baru, hanya saja ada perubahan dari sisi perundang-undangan.

“Ke depan kami berharap, kerja sama kita semakin meningkat, bukan hanya konsep pendapatan. Tapi, juga dalam pemeliharaannya. Barangkali kawan-kawan di PLN bisa membantu kami, karena sangat menentukan pergerakan ekonomi dan stabilitas pergerakan di Kota Tebingtinggi,”pinta Syarmadani.

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, menceritakan sejarah singkat demografi dan kehidupan masyarakat di Kabupaten Karo. Saat ini 75 persen mata pencahariannya adalah sebagai petani.

“Kabupaten Karo sebagian besar daerahnya adalah pertanian dan pariwisata. Dan untuk itu, saya mengundang bapak ibu sekalian, datanglah ke Kabupaten Karo untuk menikmati keindahan dan udaranya yang dingin,” ajak Bupati Karo.

Bupati Karo menambahkan, Kota Tebingtinggi sudah tidak asing lagi bagi mereka, dan telah terkenal di Sumatera Utara, terkenal akan UMKM-nya dan kebersihannya.

“Banyak harus kami belajar terutama tentang UMKM, koperasi kami akan belajar banyak dengan UMKM di Kota Tebingtinggi. Juga dengan kebersihannya, kami juga ingin belajar. Kami bangga, sehingga ramai yang datang kemari (acara penandatanganan),” ucap Bupati Karo.

Bupati Karo juga berharap, melalui pendantanganan kesepakatan bersama ini, nantinya agar Kota Tebingtinggi mengetahui bagaimana Kabupeten Karo dan harga-harga (tanaman holtikultura) di Kabupaten Karo.

“Dan bisa sama-sama kita terima dengan harga yang tidak terlalu tinggi, teknisnya nanti kita lakukan. Terima kasih Bapak Pj. Wali Kota, kita bisa bekerja sama penandatanganan pada hari ini. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kemajuan daerah yang kita sayangi,” tutur Bupati Karo.

Manager PT. PLN UP3 Pematangsiantar, mengungkapkan pihaknya membawahi 4 kabupaten dan 2 kota, PT. PLN ULP Tebingtinggi dengan 83 ribu pelanggan, terbagi 2, Kabupaten Serdang Bedagai dan di Kota Tebingtinggi. Untuk Kota Tebingtinggi dengan 54 ribu pelanggan.

“Penandatangan MoU hari ini, mungkin ini yang kedua, pertama di Kabupaten Simalungun. Kami berterima kasih sudah dizinkan penandatanganan MoU. Melalui kerja sama ini dapat kami wujudkan misi kami, jika bekerja dengan stakeholder, termasuk Pemkab dan Pemko,” ujarnya.

Selain itu, melalui penandatangan ini dia juga berharap kiranya dapat menjamin kelancaran penerimaan pajak, menjamin pelunasan rekening listrik di sekitar Kota Tebingtinggi, dan meningkatkan peningkatan efisiensi pembayaran rekening listrik melalui realisasi PJU.

“Kami harap kerja sama lebih erat lagi, PLN sangat membutuhkan dukungan dari Pemko. Dan kalau misalnya bapak ibu semua membutuhkan kaitan dengan listrik, ada namanya PLN Mobile, silakan download. Apapun kebutuhan terkait listrik ada di situ dan dalam 45 menit paling lama, harus kami respons,” paparnya.

(CHA/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi