F1 Powerboat Digelar, Penumpang Bandara Raja Sisingamangaraja XII Capai 7.430 Orang

F1 Powerboat Digelar, Penumpang Bandara Raja Sisingamangaraja XII Capai 7.430 Orang
F1 Powerboat Digelar, Penumpang Bandara Raja Sisingamangaraja XII Capai 7.430 Orang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Silangit - Pergerakan penumpang pesawat di Bandara Raja Sisingamangaraja XII (Silangit) bergairah menjelang gelaran event internasional F1 Powerboat di Danau Toba. Rangkaian event F1 Powerboat digelar mulai 2 - 3 Maret 2024, di mana Grand Prix of Indonesia F1H20 digelar pada 3 Maret 2024.

Pada periode 25 Februari - 1 Maret 2024 atau menjelang bergulirnya F1 Powerboat, jumlah penumpang pesawat di Bandara Raja Sisingamangaraja XII tercatat mencapai sekitar 7.430 penumpang atau rata-rata 1.238 penumpang/hari.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura II Agus Haryadi mengatakan, F1 Powerboat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba.

“Sekitar seminggu menjelang F1 Powerboat, penerbangan semakin ramai di Bandara Raja Sisingamangaraja XII. Persiapan sudah dilakukan dengan baik, sehingga operasional penerbangan dan pelayanan di bandara dapat terjaga di tengah tingginya lalu lintas penerbangan,” ujar Agus Haryadi di Silangit, Sabtu (2/3).

Agus Haryadi menambahkan, pengalaman berwisata diberikan Bandara Raja Sisingamangaraja XII sedari wisatawan mendarat.

“Sejak tiba di Bandara, para wisatawan dapat menjumpai kesenian khas Batak, seperti ornamen seni Gorga. Replika Rumah Bolon yang merupakan rumah adat Batak juga ditampilkan di bandara, pertunjukan live musik khas batak diarea holding penungguan bagasi serta juga Patung Raja Batak,” ujar Agus Haryadi.

Penyelenggaraan event global F1 Powerboat menjadi momentum tepat dalam memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan setempat.

“Sejalan dengan itu, AP II menjadikan Bandara Raja Sisingamangaraja XII sebagai etalase budaya. Kami berharap ini dapat turut mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Sumatera Utara,” jelas Agus Haryadi.

Executive General Manager Bandara Raja Sisingamangaraja XII Ardon Marbun mengatakan, pergerakan pesawat pada 25 Februari - 1 Maret 2024 mencapai 52 penerbangan atau 8 - 9 penerbangan/hari.

“Lalu lintas penerbangan cukup ramai karena adanya event F1 Powerboat. Dari 52 penerbangan, mayoritas dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 36 penerbangan,” ujar Ardon Marbun.

Lebih lanjut, Ardon Marbun memastikan seluruh fasilitas operasi dan pelayanan bandara dipastikan dapat optimal dalam melayani para penumpang pesawat di tengah ramainya penerbangan.

"Kami juga berterima kasih kepada seluruh stakeholder bandara yang sudah turut serta menyukseskan prosesi penyambutan seluruh delegasi Dan tamu VIP Yang melalui bandara Sisingamangaraja XII serta seluruh penumpang pesawat yang turut mendukung pelayanan di bandara," ujar Ardon Marbun.

Total, delegasi F1 Powerboat yang hadir sebanyak 165 orang berasal dari 23 negara.

(TRY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi