Kementerian Keuangan Nobatkan Tapanuli Selatan Terbaik III Pengelolaan Dana Desa 2023

Kementerian Keuangan Nobatkan Tapanuli Selatan Terbaik III Pengelolaan Dana Desa 2023
Kementerian Keuangan Nobatkan Tapanuli Selatan Terbaik III Pengelolaan Dana Desa 2023 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Kementerian Keuangan RI menobatkan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sebagai pemerintah daerah terbaik ketiga di Sumatera Utara dalam pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

"Menteri Keuangan RI menyampaikan itu melalui Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumut, Syaiful, pada acara Treasury Ulos Award Tahun 2023 di Medan," kata Bupati Tapsel Dolly Pasaribu di Sipirok, Selasa (5/3).

Dikatakan, acara Kemenkeu RI ini bertemakan "Menguatkan Komitmen Implementasi Cashless Society, Menuju Belanja yang Lebih Berkualitas".

Tujuannya, untuk memberikan motivasi dan mendorong kinerja penyaluran dana desa maupun DAK Fisik untuk pelaksanaan anggaran yang lebih baik pada seluruh pemerintah daerah.

Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Sumut, kata Bupati, juga memberikan apresiasi kepada seluruh kepala daerah di Sumut karena mampu merealisasikan anggaran Transfer ke Kas Daerah sebesar 99 persen.

Selain itu, pemerintah daerah juga diharap terus melakukan peningkatan kualitas perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan anggaran.

Kemudian, peningkatan transaksi keuangan secara non tunai, baik melalui dompet-dompet digital, Qris termasuk penerapan Kartu Kredit Pemerintah.

"Karena, saat ini di Sumatera Utara hanya Kabupaten Tapsel dan Kota Medan yang telah mengimplementasikan Kartu Kredit Pemerintah," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Dolly juga menyampaikan terima kasih atas kinerja seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tapsel termasuk kepada seluruh camat dan kepala desa atas kinerja dan kolaborasi yang baik ini.

"Kedepannya kualitas pengelolaan dana APBD di Tapael dapat terus ditingkatkan demi mewujudkan masyarakat yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera," ujarnya.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi