Pesawat Lion Air yang Sempat Mendarat Darurat di Kualanamu Sudah Terbang ke Jeddah

Pesawat Lion Air yang Sempat Mendarat Darurat di Kualanamu Sudah Terbang ke Jeddah
Pesawat Lion Air yang Sempat Mendarat Darurat di Kualanamu Sudah Terbang ke Jeddah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kualanamu - Pesawat Lion Air JT-106 yang terpaksa mengalihkan pendaratannya di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumut, Senin (11/3) malam, sudah terbang malam itu juga ke Jeddah sekitar pukul 23.27 WIB.

Penjelasan itu disampaikan Kepala Otoritas Bandara (Ka Otban) Wilayah II Medan Bandara Kualanamu, Sokhib Al Rokhman, Selasa (12/3).

"Pesawat yang sempat menghebohkan mutar-mutar tersebut sudah teke off kembali ke Jeddah jam 23.27 WIB dari Bandara Kualanamu," terang Sokhib.

Kata dia, penerbangan dilanjutkan setelah NOTAM (Notice to Air Man) terkait penutupan ruang udara Colombo, Srilanka, dinyatakan dibuka kembali.

Lebih lanjut dijelaskan Ka Otban, untuk penerbangan ke Timur Tengah, posisi Colombo sangat penting, sebagai bandara alternatif pendaratan jika terjadi gangguan teknis pesawat.

“Sehingga jika Colombo ditutup, maka untuk alasan keselamatan penerbangan, pilot tidak akan menerbangkan pesawatnya ke Timur Tengah," pungkasnya.

Sebelumnya, Lion Air JT-106 terpaksa mengalihkan pendaratannya di Bandara Kualanamu. Disebut-sebut pesawat itu membawa penumpang yang hendak umrah dari Surabaya ke Jeddah, Arab Saudi.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi