Pertamina Patra Niaga Cek Stok BBM di Aceh Jelang Lebaran

Pertamina Patra Niaga Cek Stok BBM di Aceh Jelang Lebaran
Direktur Keuangan PT Pertamina Patra Niaga Arya Suprihadi, Komisaris Pertamina Patra Niaga Muhammad Yusni dan Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar melakukan peninjauan kesiapsiagaan Satgas Ramadhan Idul Fitri (Ra (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Direktur Keuangan PT Pertamina Patra Niaga Arya Suprihadi, Komisaris Pertamina Patra Niaga Muhammad Yusni dan Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar melakukan peninjauan terhadap kesiapsiagaan Satgas Ramadhan Idul Fitri (Rafi) 2024 di wilayah Aceh.

Termasuk kesiapan dalam memenuhi kebutuhan energi masyarakat selama Ramadhan dan menjelang libur Idul Fitri 1445 H.

"Dalam dua hari terakhir, kami telah meninjau Terminal BBM Krueng Raya dan SPBU 13.233.404 untuk memastikan kesiapsiagaan penyediaan energi kepada masyarakat. Tujuannya agar layanan energi selama Ramadhan dan libur Idul Fitri dapat berjalan dengan lancar," kata Arya dalam kunjungannya di SPBU Aceh Besar didampingi Executive General Manager Pertamina Sumbagut, Freddy Anwar, Kamis (4/4/2024).

Menurutnya, ?kondisi stok BBM di Terminal Krueng Raya aman dan tidak ada masalah dalam distribusi.

Berdasarkan peninjauan, stok produk Gasoil dan Gasoline mencukupi untuk lebih dari 15 hari, stok LPG untuk 10 hari, dan stok Avtur untuk lebih dari 21 hari.

"Masyarakat Aceh dan wisatawan yang berkunjung ke Aceh tidak perlu khawatir karena stok energi dalam keadaan yang mencukupi," katanya.

Lebih lanjut, Arya memprediksi khusus Wilayah Aceh akan terjadi kenaikan konsumsi masyarakat terhadap energi, seperti produk Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) diprediksi mengalami kenaikan sebesar 14%, sementara produk Gasoil (Solar, Dexlite) mengalami penurunan sekitar 7% akibat pembatasan mobilisasi kendaraan berat saat Idul Fitri.

Adapun konsumsi LPG diperkirakan akan meningkat 8% dibandingkan dengan rata-rata harian normal.

"Satgas RAFI ini, Pertamina Patra Niaga menyediakan layanan tambahan untuk masyarakat yang melakukan mudik dan berlibur. Layanan ini meliputi SPBU Siaga, Agen Pangkalan LPG Siaga, Motoris atau Pertamina Delivery Service, SPBU kantong, dan Serambi Mypertamina yang dilengkapi dengan posko kesehatan, terutama di jalur-jalur potensial seperti jalur tol, jalur wisata, dan jalur arus mudik," tambah Arya.

Selain mengecek stok dan distribusi, Pertamina Patra Niaga juga memastikan Lembaga Penyalur mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP), aspek HSSE dan aturan yang berlaku.

Mereka juga memastikan kualitas dan kuantitas BBM yang disalurkan terjaga untuk kenyamanan konsumen.

"Dalam Satgas Rafi ini, kami juga telah berkoordinasi dengan jajaran stakeholder, baik Kementerian ESDM, Kemenhub, Polri, TNI, BMKG, BPH Migas, pemerintah daerah, dan stakeholder terkait lainnya dalam rangka mendukung kelancaran distribusi energi kepada masyarakat," tutup Arya.

(MHD/BR)

Baca Juga

Rekomendasi