Sejumlah Wilayah di Sumatera Utara Diprakirakan Hujan Hari Pertama Lebaran

Sejumlah Wilayah di Sumatera Utara Diprakirakan Hujan Hari Pertama Lebaran
Warga berada di atas kendaraan terbuka saat menunggu air surut di Desa Tanjung Sari, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (14/11/2023). (ANTARA FOTO/Yudi/aww)

Analisadaily.com, Medan - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang, hingga lebat pada hari pertama Lebaran 2024, Rabu (10/4).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Lestari I Purba, menyebutkan secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Rabu (10/4) pagi rata-rata berawan. Pada siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sejumlah wilayah Sumatera Utara.

Hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi di Batubara, Asahan, Tapanuli Utara, Toba, Samosir, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Labuhanbatu, Labuhabatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, padang Lawas Utara, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, dan Mandailing Natal.

Suhu udara rata-rata 16-35 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen dan angin berembus dari timur laut-timur dengan kecepatan 10-30 km/jam.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah pantai barat dan timur serta pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Lestari dilansir dari Antara, Selasa (9/4).

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi