Kloter 1 Jemaah Asahan Masuk Asrama Haji, Kanwil Kemenag Sumut: Berjalan Lancar

Kloter 1 Jemaah Asahan Masuk Asrama Haji, Kanwil Kemenag Sumut: Berjalan Lancar
Kloter 1 Jemaah Asahan Masuk Asrama Haji, Kanwil Kemenag Sumut: Berjalan Lancar (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Medan - Sebanyak 360 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Asahan kelompok terbang (kloter) 1 masuk Asrama Haji Medan sesuai jadwal, Minggu (12/5) pukul 07.00 WIB.

Setibanya para duyufur rahman (tamu Allah) ini disambut hangat oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumatera Utara (Sumut) Ahmad Qosbi Nasution didampingi Kabag TU, M Yunus, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah, Zulfan Efendi, Kakan Kemenag Asahan, Saripuddin Daulay beserta jajaran, dan para petugas haji 2024 embarkasi Medan.

"Alhamdulillah hari ini kita menerima kloter 1 jemaah asal Kabupaten Asahan, dan sampai ke Asrama Haji Medan berjalan aman dan lancar," kata Kakanwil Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi.

Kata dia, jemaah berjumlah 360 orang sudah termasuk petugas.

"Penerimaan hari pertama kita ini, Alhamdulillah kita lihat para petugas dan jemaah semangat kendati ada orang tua, tetapi kita lihat semangatnya luar biasa terang Qosbi.

Untuk menerima haji tahun ini sama dengan penerimaan tahun lalu, sistem pelayanan satu atap.

"Jadi jemaah haji sampai di aula penerimaan ini diperiksa kesehatan, setelah dinyatakan sehat diberikan segala dokumen, living kost, identitas serta yang terkait hak jemaah kita berikan di ruang ini,” terangnya.

“Setelah semua jemaah mendapatkan itu baru kita arahkan ke hotel masing-masing untuk istirahat sampai pemberangkatan besok ke Madinah,” lanjutnya.

Untuk jadwal penerbangan jemaah kloter 1 dari Bandara Kualanamu awalnya Senin, 13 Mei 2024, sekitar pukul 03.50 dini hari WIB, diundur menjadi pukul 08.00 WIB take-off dari Bandara Kualanamu.

Namun karena jarak dari asrama ke Kualanamu sekitar 35 Kilometer (Km) maka jemaah dipercepat keberangkatan, proses keberangkatan 3 jam sudah di Bandara.

“Untuk itu kita mengimbau kepada seluruh jemaah haji agar tetap menjaga kesehatan, kekompakan, serta tolong menolong, karena kita beribadah di negera orang. Intinya tetap semangat untuk mencapai haji mabrur," pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi