Kolaborasi Easycash dengan AFPI dan OJK Dukung UMKM Sumut

Kolaborasi Easycash dengan AFPI dan OJK Dukung UMKM Sumut
Kolaborasi Easycash dengan AFPI dan OJK Dukung UMKM Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Platform Fintech Lending sebagai bagian dari industri financial technology turut membantu tingkat inklusi keuangan Indonesia hingga secara keseluruhan mencapai 85,1 persen pada 2023, menurut data Kementerian Koordinator Perekonomian.

Meskipun demikian, tingkat literasi keuangan digital di Indonesia masih di angka 48 persen. Oleh karenanya, berbagai platform fintech lending kolaborasi dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengatasi kesenjangan antara tingkat inklusi dan literasi tersebut.

Sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kesenjangan tersebut, AFPI menginisiasi acara Fintech Lending Days yang ke-5 bertajuk “Pendanaan Alternatif UMKM Sumatra Utara melalui Fintech Lending” pada tanggal 6-7 Mei 2024 di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Melalui acara ini, AFPI bekerja sama dengan Easycash dan beberapa fintech P2P lending lainnya dalam memaksimalkan produktivitas UMKM sekaligus menggerakkan roda perekonomian daerah dengan potensi yang dimiliki oleh UMKM Sumut.

Head of Corporate Affairs Easycash (PT Indonesia Fintopia Technology), Wildan Kesuma, mengatakan, “Easycash berkomitmen untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat yang underbanked dan underserved melalui teknologi. Salah satu perwujudan komitmen tersebut adalah denganmemberikan edukasi dan literasi UMKM di Sumut mengenai manfaat dan risiko menggunakan fintech P2P lending untuk mempromosikan inklusi keuangan serta inovasi untuk semualapisan masyarakat Indonesia.”

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini diisi dengan berbagai kegiatan, dimana di hari pertama (6/5) aktivitas diisi dengan kunjungan ke beberapa UMKM setempat. Sementara di hari kedua (7/5), diselenggarakan Media Visit dan Exhibition yang diramaikan oleh OJK, Pemerintah Kota Medan, IWAPI, AFPI, para pelaku UMKM, Easycash dan beberapa platform fintech P2P lainnya.

Partisipasi Easycash dalam acara ini merupakan bagian dari Program Pendanaan Sehat yang Easycash inisiasi. Program Pendanaan Sehat akan terus hadir sepanjang tahun 2024, mengunjungi kampus-kampus di berbagai kota besar untukmemberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai manajemen keuangan, manfaat dan risiko menggunakan layanan fintech lending.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi