Sempat Delay, Penerbangan Jemaah Haji Kloter 1 Sumut Diguyur Hujan

Sempat Delay, Penerbangan Jemaah Haji Kloter 1 Sumut Diguyur Hujan
Sempat Delay, Penerbangan Jemaah Haji Kloter 1 Sumut Diguyur Hujan (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Jemaah Haji 1445 H/2024 kloter 1 asal Kabupaten Asahan, Sumut, Embarkasi Medan, diguyur hujan saat proses masuk pesawat (boarding) hingga lepas landas (take off), Senin (13/5) sekira pukul 12.09 WIB.

Otomatis petugas yang ada di area terminal cargo menyediakan payung untuk menghindari basah kuyup para jemaah saat proses naik pesawat.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, hadir dalam pelepasan jemaah haji Kloter 1 di Bandara Kualanamu. Menurutnya pemberangkatan jemaah haji 1445 H/2024 berjalan dengan baik, mulai proses penerimaan di asrama haji hingga pemberangkatan dari Bandara Kualanamu.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh jemaah haji, khususnya Kloter 1 Kabupaten Asahan tetap menjaga kesehatan, patuhi aturan yang telah disampaikan, baik waktu bimbingan manasik sewaktu di tanah air begitu juga nantinya sesampainya di tanah suci,” sebutnya.

“Intinya, saya mengucapkan selamat sampai tujuan, begitu juga kembali ke tanah air, dan semoga menjadi haji mabrur,” lanjutnya.

Kakanwil Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi Nasution, menjelaskan, semua jemaah Kloter 1 asal Kabupaten Asahan berangkat sebanyak 360 orang, sudah termasuk petugas.

"Alhamdulillah tidak ada yang tinggal, semua jemaah berangkat sehat walafiat,” ujarnya.

Terkait dengan molornya atau delay waktu penerbangan, menurutnya sudah diinfokan sebelumnya.

“Jadi, sebenarnya ini hanyalah perubahan jadwal (reschedule) dari pihak Garuda, kita mengikuti saja, apalagi ini bukan faktor kesengajaan, tetapi ini hanya tertib parkir pesawat di Madinah,” ucapnya.

Kepala Kantor Otoritas Bandar (Otban) Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman mengatakan, tertundanya (delay) keberangkatan jemaah ini hanya persoalan teknis saja.

Semula jadwal 08.00 WIB diundur ke 10.30 WIB, dan sebelumnya sudah diinfokan oleh petugas haji. “Dari pukul 08.00 WIB ke pukul 10.30 WIB reschedule, namun jadinya terbang 12.09 WIB, berarti hanya sekitar 1 jam tertunda,” sebutnya.

“Ini hanya persoalan teknis saja, dan Kloter selanjutnya Insya Allah akan tepat waktu,” sambungnya.

Hadir dalam pelepasan jemaah haji di Bandara Kualanamu, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah, Zulfan Efendi, Kakan Kemenag Asahan, Saripuddin Daulay, mewakili AVI Kualanamu, Kabid TPI Imigrasi Kualanamu, Iqbal, mewakili BC Kualanamu, serta tamu undangan penting lainnya.

Pantauan sesaat lepas landas (take off) pesawat haji, diiringi dengan kumandang azan dari petugas haji Kanwil Kemenag Sumut.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi