57,13 Persen Jemaah Haji Sumut Tiba di Arab Saudi

57,13 Persen Jemaah Haji Sumut Tiba di Arab Saudi
57,13 Persen Jemaah Haji Sumut Tiba di Arab Saudi (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Sebanyak 8.746 jemaah haji termasuk petugas 1445 H/2024 asal Sumatera Utara (Sumut) atau sudah sekitar 57,13 persen tiba di Arab Saudi.

"Terhitung sejak dari Kloter 1 hingga Kloter 14 kita berangkatkan tadi malam, sudah sekitar 57,13 persen jemaah Sumut tiba di Arab Saudi," kata Kakanwil Kementerian Agama Sumut, Ahmad Qosbi Nasution didampingi Kabag Tata Usaha, M Yunus, saat bertolak ke Jakarta dari Bandara Kualanamu, Selasa (28/5).

Kata dia, dari jumlah itu sudah diberangkatkan sekitar 4.987 jemaah, sisanya tinggal sekitar 3.789 orang jemaah. Untuk hari ini akan diberangkatkan lagi jemaah Kloter 15 dari Kabupaten Mandailing Natal, dan sisanya tinggal 10 Kloter lagi dari 25 Kloter dari Embarkasi Medan Sumatera Utara.

Disoal kendala Keberangkatan Haji Embarkasi Medan 1445 H/2024, menurut Qosbi sejauh ini belum ada yang signifikan, kendati ada namun relatif dapat ditangani dengan baik atas koordinasi semua pihak petugas.

Hanya saja sejak dari keberangkatan Kloter 1-14 tercatat ada 3 jemaah haji ditunda keberangkatan akibat sakit, 1 orang jemaah asal Kabupaten Padanglawas (Palas) sudah sembuh dan sudah diterbangkan. Terakhir dinKloter 14 asal Kabupaten Deliserdang ada 2 orang sakit, sejauh ini masih dalam perawatan tim dokter, dan ketika sudah sembuh akan diberangkatkan pada Kloter selanjutnya.

“Intinya, sampai sejauh ini jemaah Sumut baik yang sudah di Arab Saudi dan di Asrama Haji umumnya sehat, berdoa kita para jemaah ini berangkat utuh begitu juga pulang,” harap Qosbi.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi