Pegadaian Komitmen Dorong UMKM Naik Kelas, Mulai Permodalan hingga Pengembangan Usaha

Pegadaian Komitmen Dorong UMKM Naik Kelas, Mulai Permodalan hingga Pengembangan Usaha
Pegadaian Kanwil 1 Medan menggelar Seminar "Gathering UMKM Binaan” (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pegadaian Kanwil 1 Medan menggelar Seminar "Gathering UMKM Binaan” secara luring di Hotel Le Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), beberapa waktu lalu.

Seminar Gathering UMKM Binaan merupakan wujud komitmen Pegadaian dalam mendukung naik kelasnya pelaku usaha super mikro, baik dalam hal peningkatan penjualan, pencatatan transaksi keuangan dan mendapatkan akses permodalan.

Seminar bertajuk "Top Selling Good Rekening" dibuka Pemimpin Wilayah yang diwakili oleh Deputy Operasional Pegadaian Kanwil I Medan, Basuki Tri Andayani, diikuti puluhan UMKM terpilih, binaan dari Pegadaian Kantor Area Medan 1 dan Kantor Area Medan 2.

Basuki mengatakan, Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung UMKM naik kelas. "Melalui seminar ini, kami (Pegadaian) hadir dan berkontribusi dalam pengembangan kewirausahaan dengan bekerjasama dengan lembaga terkait," kata Basuki, dalam keterangan, Selasa (11/6).

Adapun topik seminar mengangkat isu tentang teknik penjualan dan komunikasi UMKM yang dibawakan para profesional dari SMLONE Indonesia, serta materi manajemen keuangan yang disampaikan Manajer Pegadaian Kanwil I Medan, Amelia Besty Gaiety.

"Permodalan dan pengembangan usaha yang selalu menjadi tantangan utama yang dialami oleh para pelaku usaha di Indonesia. Kami berharap melalui kegiatan seminar ini dapat memberi manfaat positif bagi para pelaku usaha sehingga semakin percaya diri untuk memulai, menjalankan dan mengembangkan usaha mereka (UMKM) untuk naik kelas,” ujar Amelia.

Debora, seorang peserta seminar UMKM penjual pakaian mengucapkan terima kasih kepada Pegadaian atas keikutsertaannya dalam seminar ini.

"Melalui kegiatan ini saya banyak belajar cara berkomunikasi dan mengelola keuangan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan," ucap Debora.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi