Tim Dosen Unimed Optimalisasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendampingan New Model Assesment Kurikulum Merdeka

Tim Dosen Unimed Optimalisasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila  Melalui Pendampingan New Model Assesment Kurikulum Merdeka
Tim Dosen Unimed Optimalisasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendampingan New Model Assesment Kurikulum Merdeka. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilakukan oleh tim dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) untuk membantu guru di Yayasan Khalilah Insan Madani Medan. Melalui pendampingan dalam penerapan New Model Assesment Kurikulum Merdeka dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang berlokasi di Jl. Pendidikan No 3, Kec. Medan Timur, Kota Medan.

Kegiatan PKM dilaksanakan Jumat (146) diketuai Elvi Mailani, S.Si., M.Pd beranggotakan Suyit Ratno, M.Pd., Putra Afriadi, S.Pd., M.Pd dan dibantu 5 mahasiswa Unimed.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada mitra terkait penerapkan New Model Assesment Kurikulum Merdeka dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila yang berguna dalam mengembangkan serta menerapkan pembelajaran bagi anak usia dini,” ujar Elvi.

Elvi juga mengatakan, maksud dan tujuan, serta memaparkan beberapa materi yang berfokus dalam penerapan model assesment kurikulum merdeka dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila. Dalam sesi ini tim pengabdi menjelaskan secara detail tentang konsep administrasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, langkah Pengembangan IPK & TP (TP & ATP), konsep tujuan pembelajaran dan Pengembangannya, langkah-langkah dalam merancang kegiatan pembelajaran, serta keterkaitan antara pembelajaran kurikulum merdeka dan pembelajaran HOTS.

Selanjutnya Suyit Ratno, M.Pd mengatakan bahwa materi ini merupakan pendekatan asesmen dalam stimulasi. “Asesmen perlu untuk dilakukan di awal dan akhir setiap stimulasi. Pengembangan indikator dapat menggunakan indikator yang sudah tercantum dalam buku panduan yang telah disediakan oleh tim PKM. Guru dapat menggunakan sebagian atau seluruh indikator dalam setiap kegiatan stimulant. Capaian perkembangan dapat menggunakan bintang ataupun symbol warna untuk dapat menunjukkan perbedaan dari capaian perkembangan anak. Implementasi kurikulum merdeka tetap menganggap bahwa perkembangan seni khususnya musik penting untuk dikembangkan bahkan dengan memasukkan unsur budaya dalam setiap stimulasi untuk anak usia dini,” tambah Suyit.

“Sangat pentingnya asesmen sehingga perlu diberikan aplikasi raport kurikulum merdeka sehingga kami berikan 1 PC Tablet yang berisi aplikasi raport kurikulum merdeka sehingga mitra dapat dengan mudah membuat dan mengisi raport sesuai dengan kurikulum Merdeka”, ujar Putra.

Ahmad Afandi, S.Psi mengucapkan terima kasih kepada Tim Abdimas LPPM Unimed yang di ketuai Elvi Mailani, S.Si., M.Pd yang telah memberikan pencerahan tentang Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pendampingan New Model Assesment Kurikulum Merdeka di Yayasan Khalilah Insan Madani Medan.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini untuk kemajuan yayasan kami ini dan kami juga sangat terbantu dengan ada Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka ini sehingga kami dengan mudah untuk menginput nilai siswa-siswa kami,” tutup Ahmad.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi