Kampus Swasta Terbaik di Malaysia UCSI University Jalin MoU dengan Lima Kampus di Medan

Kampus Swasta Terbaik di Malaysia UCSI University Jalin MoU dengan Lima Kampus di Medan
UCSI University saat menggelar Open House pertamanya di Medan. (Analisadaily/Bambang Riyanto)

Analisadaily.com, Medan - Kampus swasta terbaik di Malaysia UCSI University menjalin kerja sama (MoU) dengan lima kampus di Medan yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Medan Area (UMA), Universitas Panca Budi (Unpab), Universitas Prima Indonesia (Unpri) dan Universitas Battuta.

Kegiatan tersebut terangkum dalam Open House International pertamanya di Hotel JW Mariott, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (3/8/2024). Acara tersebut bukan hanya sekadar pameran pendidikan dan perawatan kesehatan, tapi juga menyoroti hubungan UCSI yang erat dengan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan tinggi.

Prof. Datuk Ts. Ir. Dr. Siti Hamisah binti Tapsir, FASc (Group CEO; University Vice-Chancellor) mengatakan, banyak mahasiswa Indonesia menemukan potensi mereka di UCSI dan berkarya di bidangnya.

Dijelaskan, Universitas UCSI memiliki lebih dari 2.000 alumni Indonesia. Tergolong dalam 1% universitas terbaik dunia berdasarkan peringkat 265 teratas dalam QS World University Rankings 2025, UCSI menonjol sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Malaysia dan Asia.

“Saya sangat terdorong oleh keberhasilan yang dicapai oleh mahasiswa dan alumni Indonesia kami yang telah meraih banyak hal dalam hidup. Mahasiswa Indonesia merupakan salah satu kelompok mahasiswa internasional terbesar di UCSI dan kami merasa terhormat atas kepercayaan mereka terhadap UCSI,” jelasnya.

Mahasiswa Indonesia di UCSI telah meraih banyak prestasi di berbagai bidang. Di bidang kewirausahaan, Christian Vieri Max Pangalila menonjol sebagai pendiri Cassavadise - salah satu eksportir singkong terkemuka di Indonesia.

Alumni terkenal lainnya termasuk ilmuwan Timmy Richardo, musisi terkenal Meldy Tanako, serta atlet berkuda dan ratu kecantikan Margenie Winarti, merupakan nama-nama lulusan yang dimiliki UCSI diantara nama-nama lainnya.

UCSI juga memiliki 64 kemitraan penelitian, pertukaran, dan pendidikan transnasional dengan universitas-universitas terkemuka di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Institut Ilmu Hayati Internasional Indonesia, dan lainnya.

Kegiatan MoU tersebut turut dirangkai dengan perkenalan perusahaan di bawah naungan UCSI Group, di antaranya Rumah Sakit UCSI, UCSI College, dan UCSI International School.

Rumah Sakit UCSI memberikan fasilitas perawatan kesehatan kelas dunia dengan peralatan medis terkini. Rumah Sakit UCSI dipimpin oleh dokter terkemuka yaitu Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah, Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia.

Terletak di dekat pantai Port Dickson, Rumah Sakit UCSI juga mempromosikan wisata medis dan jumlah pasien internasionalnya terus bertambah. UCSI College terkenal di Malaysia untuk program pra-universitas dan kredensial asing, sementara Sekolah Internasional UCSI mendidik warga negara dan pemimpin global masa depan di tingkat dasar dan menengah.

Konsul jenderal Malaysia di Medan Shahril Nizam Abdul Malek dan Direktur Pendidikan Malaysia di Indonesia Dr Hasnul Fizal Hushin Amri juga hadir dalam kegiatan tersebut.UCSI Group sendiri adalah sebuah korporasi asal Malaysia yang bergerak di berbagai sektor, salah satunya sektor pendidikan.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi