Dukung Program Medan Bersih, RGE dan Tanoto Foundation Laksanakan Aksi Bersih Pasar Belawan

Dukung Program Medan Bersih,  RGE dan Tanoto Foundation Laksanakan Aksi Bersih Pasar Belawan
Dukung Program Medan Bersih, RGE dan Tanoto Foundation Laksanakan Aksi Bersih Pasar Belawan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam rangka mendukung salah satu misi Kota Medan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yaitu medan bersih sebagai program prioritas, serta mewujudkan kawasan bebas sampah di Kecamatan Medan Belawan, Tanoto Foundation dan RGE mengadakan program aksi bersih pasar Kapuas Belawan dan sekitarnya.

Kegiatan yang juga bertujuan untuk mendukung penilaian Adipura dan menyambut PON ke-21 tahun 2024 ini dimulai dengan kick-off meeting yang diselenggarakan pada Jumat, 16 Agustus 2024 di Aula Kantor Camat Medan Belawan.

Kegiatan ini dibuka oleh Camat Medan Belawan, Yoga Budi Pratama Irawan, SSTP, M.Si, yang diwakili oleh Kepala Seksi Sarana dan Prasarana (Kasi Sarpras) Wilayah Kecamatan Medan Belawan, Ir. Dhani Wardhana, S.T., M.T. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Pasar Belawan, T. Indrawansyah dan juga pengusaha dan pemerhati lingkungan Medan Belawan, Tom Nauli.

Aksi bersih ini menyasar lingkungan pedagang dan masyarakat di sekitar Pasar Kapuas Belawan di mana para pedagang dan masyarakat akan diberikan edukasi tentang pengelolaan dan pemilahan sampah, sehingga pemanfaatan sampah yang dihasilkan dari pasar dan rumah tangga setiap harinya menjadi maksimal, sehingga mengurangi tumpukan sampah di tempat pembuangan sementara.

Hal ini juga menjadi dorongan agar pedagang dan masyarakat aktif sebagai nasabah bank sampah di mana sampah yang telah dipilah dapat ditabung di bank sampah dan nilai saldonya bisa diuangkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Camat Belawan melalui Kasi Sarpras Wilayah Kecamatan Medan Belawan, Ir. Dhani Wardhana, S.T., M.T. mengungkapkan apresiasinya atas pelaksanaan program aksi bersih pasar Kapuas Belawan.

“Di samping mewujudkan lingkungan bersih, masyarakat juga mendapatkan pembelajaran pengolahan sampah yang berkelanjutan dengan adanya bank sampah yang juga dapat mendatangkan tambahan pendapatan bagi rumah tangga,” ucap Wardhana.

“Kami sangat mengapresiasi Aksi Bersih Pasar Kapuas Belawan yang diinisiasi oleh Tanoto Foundation. Pasar ini merupakan salah satu objek penilaian penghargaan Adipura 2024 Kota Medan di bulan Oktober 2024 nanti. Semoga Aksi bersih ini dapat memberikan perubahan lingkungan yang lebih baik, apalagi di tahun ini kota Medan dan Provinsi Sumut menjadi tuan Rumah PON 2024. Kami berharap upaya bersama ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan dan lembaga swadaya lainnya untuk turun bersama mengatasi permasalahan lingkungan ini,” ungkap Wardhana.

Sementara itu Regional Lead Tanoto Foundation Sumatera Utara, Jeffrey Jeo, menyampaikan bahwa program kebersihan merupakan salah satu upaya Tanoto Foundation, di Kota Medan, dalam membantu masyarakat agar memperbaiki taraf hidupnya.

“Kegiatan hari ini dilakukan untuk mengawali pendampingan sekaligus bentuk sosialisasi dan kesepahaman rencana kerja program dalam mendukung program aksi kebersihan di pasar Kapuas Belawan dan sekitarnya. Harapannya, ini dapat secara optimal mendampingi masyarakat meningkatkan kebersihan didaerah pasar Kapuas Belawan, " ungkapnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, program ini sejalan dengan filosofi pendiri Tanoto Foundation, yaitu Pak Sukanto Tanoto, yakni yang kita lakukan harus berdampak positif bagi masyarakat.

"Di samping itu peningkatan sumber daya manusia generasi muda Belawan juga menjadi perhatian, dengan memberikan beasiswa untuk siswa/i SMA serta dibarengi dengan perbaikan peningkatan kapasitas Guru dan Kepala sekolah melalui Pelatihan di Kecamatan Medan Belawan yang Tanoto Foundation lakukan," pungkas Jeffrey.

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi