Menaruh Asa di Pundak Putra Mahkota-Achmad Fauzan, Tokoh Adat Dalihan Natolu Siap Deklarasi Dukungan

Menaruh Asa di Pundak Putra Mahkota-Achmad Fauzan, Tokoh Adat Dalihan Natolu Siap Deklarasi Dukungan
Perwakilan Raja-raja Luat Pahae Barumun Paulu Sosa bersama Putra Mahkota di PMA Center. (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Tokoh adat luat Pahae Barumun Paulu Sosa Padanglawas, yang terhimpun dalam lintas marga dengan filosofi Dalihan Natolu, Kahanggi, Anakboru, Mora, sebagai wawasan sosial kultural dan adat budaya Tapanuli Bagian Selatan, siap deklarasi dukungan kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Padanglawas nomor urut 1 Putra Mahkota Alam Hasibuan - Achmad Fauzan Nasution pada tanggal 28 Oktober ini.


Deklarasi acara adat Pataon Tondi atau memberi semangat dan doa kepada Putra Mahkota Alam Hasibuan - Achmad Fauzan Nasution adalah bentuk dukungan penuh kepada pasangan muda dan enerjik ini.
Wakil Ketua panitia acara adat pataon tondi Syafaruddin Hasibuan, SH didampingi Sekretaris Pardamean Hasibuan, mengatakan, seluruh perwakilan raja raja luat dan tokoh masyarakat lintas marga Pahae Barumun Paulu Sosa akan diundang dalam acara tersebut
"Ribuan masyarakat dari 11 marga dan raja luat Pahae Barumun Paulu Sosa akan diundang dalam acara 28 Oktober ini," kata Syafaruddin, Sabtu (12/10).

Syafaruddin Hasibuan, menjelaskan, dalam acara pataon tondi ini, akan memberikan semangat dan dukungan untuk tegar dan fokus berjuang kepada Putra Mahkota - Achmad Fauzan untuk memenangkan Pilkada Padanglawas 27 November nanti.

Syafaruddin menjelaskan, untuk persiapan deklarasi, puluhan tokoh adat luat Pahae Barumun Paulu Sosa sudah bertemu dengan calon Bupati nomor 1 Putra Mahkota Alam Hasibuan di posko PMA Center.
Diantara raja raja luat yang hadir dalam pertemuan itu, yakni Luat Hasahatan Baginda Parhimpunan Hasibuan dan Syafaruddin Hasibuan

Luat Paringgonan Lukman Hakim Hasibuan, dan Idrus Hasibuan. Dari Luat Sosopan, Muallim Hasibuan, Edy Pramaya Hasibuan dan, Zulkifli Hasibuan.

Hadir juga Luat Lubuk Barumun, Patuan Mangalappoi Hasibuan, Maralokot Hasibuan dan Pardamean Hasibuan.
Dari Huristak hadir Tongku Palit Hasibuan mantan Sekretaris Daerah Padanglawas Utara, dan Tongku Halik Hasibuan.

Sosa Julu, hadir Hasan Basri Hasibuan, Dahlan Bangun Hasibuan dan H Parlindungan Hasibuan.
Luat Mondang Pinarik, Sutan Mangaloppoi, Raja Aman Hasibuan dan Syahroni Hasibuan.

Barumun Marahadi Hasibuan, Alhamidi Hasibuan.
Dari Sosa Timur Khoiruddin Hasibuan dan Irwan Hasibuan. Luat Hutaraja Tinggi, Sahrun Hasibuan, Isnadi Hasibuan, dan H Torkis Afgani Hasibuan.

Luat Matondang Abdul Wahab Daulay dan
Holid Daulay yang juga Ketua Parsadaan Daulay.
Dari Ikanas hadir Amir Hut Nasution dan Aminullah Nasution.

Nama nama tersebut kata Syafaruddin, sudah bertemu langsung dengan Putra Mahkota Alam.
Ia menjelaskan, derasnya dukungan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat kepada pasangan calon Putra Mahkota- Achmad Fauzan karena dua figur muda ini memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membangun dan memajukan Padanglawas.

"Tokoh lintas marga dan tokoh masyarakat menaruh asa kepada dua pasangan ini untuk memajukan Padanglawas," tegas Syafaruddin.

Sementara Sekretaris panitia Pardamean Hasibuan, mengatakan, dukungan dalihan natolu kepada pasangan calon PMA- AFN dari segi bahasa dapat diterjemahkan yaitu tungku yang berkaki tiga yang sangat membutuhkan keseimbangan yang mutlak. Jika satu dari ketiga kaki tersebut rusak, maka tungku tidak dapat digunakan.

"Jadi dukungannya penuh tidak ada yang pincanf," tegas Pardamean.

(ATS/BR)

Baca Juga

Rekomendasi