Cek Kesehatan hingga Edukasi Gizi Gratis untuk 10.000 Ibu dan Anak di 34 Kota di Indonesia

Cek Kesehatan hingga Edukasi Gizi Gratis untuk 10.000 Ibu dan Anak di 34 Kota di Indonesia
Cek Kesehatan hingga Edukasi Gizi Gratis untuk 10.000 Ibu dan Anak di 34 Kota di Indonesia (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sekitar 100 ibu dan anak antusias mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan dan edukasi pemenuhan gizi di halaman toko Alfamart Tamora 2, Kecamatan Tanjungmorawa.

Kegiatan yang merupakan bagian dari program “Alfamart Sahabat Generasi Maju” ini bertujuan untuk memantau tumbuh kembang anak dan memberikan edukasi kepada para orang tua mengenai pentingnya pemenuhan gizi seimbang, khususnya kebutuhan zat besi untuk mendukung optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan generasi maju.

Program ini berlangsung di 80 lokasi di 34 kota/kabupaten dari Oktober hingga Desember 2024, dengan target penerima manfaat sebanyak 10.000 ibu dan anak. Selama kegiatan, anak dengan didampingi orang tuanya mendapatkan pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran tinggi dan berat badan, pemberian vitamin tambahan, serta pemeriksaan risiko kekurangan zat besi pada anak.

“Alfamart menyadari, bahwa pemenuhan gizi anak sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Orang tua memiliki peran besar dalam memastikan anak-anak mereka mendapatkan asupan gizi yang cukup,” jelas Rani Wijaya, Corporate Communications General Manager Alfamart, Selasa (22/10).

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi; pemeriksaan kesehatan dan edukasi mengenai pentingnya zat besi bagi tumbuh kembang anak. Edukasi ini disampaikan oleh ahli gizi yang memberikan penjelasan mendalam kepada para orang tua.

“Alfamart ingin berkontribusi lebih dalam upaya mencegah angka stunting pada anak. Melalui program ini, kami berharap dapat memberikan bekal pengetahuan kepada orang tua untuk meningkatkan kualitas gizi anak,” tambah Rani.

Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia, mewakili PT Sarihusada Generasi Mahadika menjelaskan pentingnya pemenuhan zat gizi dan zat besi pada masa pertumbuhan anak.

“Selama 70 tahun, SGM Eksplor terus berkomitmen mendukung generasi maju melalui penyediaan produk nutrisi berkualitas serta edukasi kepada jutaan orang tua di Indonesia. Saat ini, zat besi masih sering dianggap nutrisi biasa untuk anak, padahal berdasarkan penelitian terbaru, zat besi adalah mikronutrien penting untuk perkembangan daya pikir anak, seperti daya ingat dan kecepatan berpikir," jelasnya.

"Dalam penelitian lain, terbukti bahwa konsumsi minimal 2 gelas SGM Eksplor per hari membantu optimalkan kebutuhan zat besi harian anak berusia 1 hingga 3 tahun. Hal ini karena SGM Eksplor adalah satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC(TM), kombinasi unik zat besi dan vitamin c untuk membantu penyerapan zat besi hingga dua kali lipat,” jelas Arif.

Ia juga menyampaikan keyakinannya bahwa kolaborasi dengan Alfamart dapat berkontribusi positif terhadap peningkatan kesehatan anak-anak Indonesia.

Para peserta yang hadir mengaku mendapatkan banyak informasi berharga terkait pemenuhan gizi untuk anak. Mereka juga mendapat manfaat tambahan berupa voucher belanja dari Alfamart.

Seorang peserta, Dini (29) mengatakan, "Saya jadi lebih sadar akan pentingnya gizi yang seimbang untuk pertumbuhan anak saya. Kegiatan ini sangat bermanfaat sehingga saya memperoleh banyak pengetahuan baru tentang pemenuhan zat besi, vitamin, dan cara menjaga kesehatan anak agar tumbuh sehat.”

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi