25 Anggota DPRK Terpilih Asil Ditetapkan

25-anggota-dprk-terpilih-asil-ditetapkan

Singkil, (Analisa). Pascaditolaknya gugatan PKS Aceh Singkil (Asil), KIP setempat, akhirnya menetapkan 25 anggota DPRK terpilih hasil Pemilu April 2019, Senin (12/8). Partai Golkar mem­peroleh kursi terbanyak dengan meloloskan enam kadernya.

Enam kader Partai Golkar  yang berhasil duduk di DPRK Asil periode 2019-2024 adalah Ade Dwi Sintiya dan Andri Juliswan Limbong dari daerah pemilihan (Dapil) 1, Sarbaini dan Dewi Sartika Ana dari Dapil 2, Hasanuddin Aritonang dari Dapil 3 dan Surianto dari Dapil 4.

Tiga kursi lainnya diperoleh Partai NasDem, yaitu H Amaliun dari Dapil 2, Sahman dari Dapil 3, dan Ahmad Fadli dari Dapil 4. Partai Gerindra memperoleh 2 kursi  yakni Erfan Suri Limbong dari Dapil 4 dan Bainuddin Ondo Dapil 1. PDIP memperoleh 2 kur­si, Taufik dari Dapil 1 dan Jaimar Tumanggor Dapil 3. Partai Demokrat, Fairuz Akhyar dari Dapil 1 dan Hj Asmawati dari Dapil 4. Dari Partai Lokal PNA, Safriadi dari Dapil 4 dan Amran Sidik dari Dapil 1. Partai PKPI, Fahruddin Pardosi dari Dapil 4 dan Mairaya dari Dapil 3.

Partai PKB memperoleh 1 kursi, Sadri dari Dapil 4. Partai PPP men­dapat 1 kursi, Ramli Boga Dapil 1 Partai PPP, PAN 1 orang dari Dapil 1 yaitu Yulihardi, Partai Hanura dari Dapil 3 Lesdin Tumangger. PBB 1 kursi dari Dapil 4 Al Hidayat, Partai Aceh 1 kursi dari Dapil 2 Aminullah Sagala.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU Pusat, penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota DPRK Aceh Singkil periode 2019 - 2024 adalah 22 Juli 2019 lalu. Namun karena ada gugatan PKS terhadap Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di Dapil I dan Dapil III peneta­pan gagal dilaksanakan hingga menung­gu keputusan MK turun.

Ketua KIP Aceh Singkil Edi Su­gianto yang memimpin Rapat Pleno Terbuka KIP Aceh Singkil kepada wartawan menyampaikan, pelan­tikan anggota dewan yang baru ini dijad­wal­kan, Senin (19/8) menda­tang.

Sesuai dengan arahan KPU Pu­sat, katanya sangat mendesak kare­na anggota dewan yang lama akan be­rakhir masa tugasnya, Minggu (18/8).

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid dalam sambutannya menyampaikan, dinamika politik yang berjalan hingga menghasilkan sebanyak 25 anggota dewan yang baru merupakan ke­hen­dak Allah SWT. “Yang  terpilih hanya sebuah proses, dan siapa pun ditetap­kan terpilih, diharapkan mam­pu menja­lankan amanah dan mampu memba­ngun kerja sama yang baik dengan pihak eksekutif dan upaya membangun Aceh Singkil ke depan yang lebih baik,” katanya.

Hadir di antaranya Komisioner KIP Dodi Syahputra, Amran, Tamsir dan Rahimuddin. Komisioner Panwaslih, perwakilan Forkopimda, perwakilan partai dan undangan lainnya yang me­menuhi Media Centre KIP Aceh Singkil. (sjp)

()

Baca Juga

Rekomendasi