Keluarga Rentan Dibantu Peralatan UEP

keluarga-rentan-dibantu-peralatan-uep

Kualasimpang, (Analisa). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan peralatan kreatif untuk kegiatan pelatihan dan bimbingan sosial bantuan usaha ekonomi produktif (UEP). Bantuan berupa mesin jahit, alat-alat untuk membuat kuliner dan alat pertanian dengan sasaran kelompok penerima manfaat untuk keluarga rentan yang tersebar di 12 kecamatan.

“Alat yang kita berikan seperti sprayer untuk pertanian dan alat-alat untuk membuat kuliner, tujuannya agar wirausaha yang ada di Aceh Tamiang ini semakin kreatif,” kata Bupati Aceh Tamiang Mursil kepada Ana­lisa, usai menyalurkan bantuan itu secara simbolis.

Menurut bupati, bantuan UEP ini akan direa­lisasikan Dinas Sosial kepada masya­rakat yang tergabung dalam kelompok pen­e­rima manfaat, yang sebelumnya sudah meng­ikuti program pelatihan. “Bantuannya cukup banyak disimpan di gudang Dinsos, ada 2 truk untuk diberikan kepada sekitar 130 pe­ne­rima dari keluarga rentan supaya bisa mandiri,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Aceh Tamiang Alijon mengatakan, bantuan alat-alat ekonomi produktif ini bersumber dari dana APBA tahun 2019. Masing-masing kelompok penerima manfaat (KPM) akan menerima unit bervariasi.

“Total penerima 125 KPM. Ada yang dibantu mesin jahit untuk kerajinan menjahit, alat-alat masak untuk mengembangkan usaha kuliner dan untuk pertanian selain alat, juga dibantu berupa benih jagung, pupuk dan herbisida,” ujar Alijon. (dhs)

()

Baca Juga

Rekomendasi