China Terapkan Pemindai Wajah untuk Mendaftar Kontak Ponsel

China Terapkan Pemindai Wajah untuk Mendaftar Kontak Ponsel
Para pengguna smartphone (NICOLAS ASFOURI/AFP melalui Getty Images/Engadget)

Analisadaily - China bertekad untuk selalu menghubungkan identitas nyata dengan dunia digital.

Pada 1 Desember, siapa pun yang mendaftar untuk kontak telepon seluler atau data seluler baru, diwajibkan untuk tidak hanya memperlihatkan KTP nasional mereka, tapi juga harus melakukan pemindaian wajah untuk memverifikasi identitas.

Ini mungkin dimaksudkan untuk mengurangi penipuan, dan mengurangi kemampuan Anda untuk menggunakan layanan telepon secara anonym. Sehingga, akan jauh lebih mudah bagi pemerintah untuk membungkam para pembangkang.

Tiongkok dikenal menggunakan pengenalan wajah untuk melacak dan menekan etnis minoritas, dan juga menggunakannya terhadap hampir semua orang untuk melihat pelancong dan mobil yang ada dalam daftar hitam yang dikelola pemerintah.

Dilansir dari Engadget, Senin (2/12), tidak jelas bahwa China akan menyingkirkan pemindaian wajah setelah proses verifikasi, berpotensi menambahkan lebih banyak data sensitif ke dalam campuran.

Apakah pemindaian itu langsung berguna untuk pengawasan, mereka juga bisa mewakili target utama bagi peretas yang ingin foto membantu penipuan.

Ada bukti meningkatnya oposisi terhadap pengakuan wajah yang tersebar luas di China, apakah itu di jejaring sosial atau tuntutan hukum terhadap perusahaan yang berusaha menjadikannya wajib.

Bahkan pemerintah berjanji untuk memperbaiki keadaan setelah sebuah universitas menguji pengenalan wajah untuk memantau kehadiran siswa. Namun, diragukan pemerintah China akan mundur dengan scan yang membantu meredam oposisi politik.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi