Selamatkan Arif, Joko Widodo Apresiasi Peselancar Filipina

Selamatkan Arif, Joko Widodo Apresiasi Peselancar Filipina
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Fox Sports)

Analisadaily - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memberikan pujian kepada peselancar Filipina, Roger Casugay, yang menyelamatkan saingannya, Arip Nurhidayat di SEA Games 2019.

Meskipun mengetahui, bahwa langkahnya melakukan tindakan itu akan membuatnya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan medali emas. Melalui akun Twitter-nya, Senin (9/12), Jokowi menyampaikan apresiasinya kepada Roger.

“Memenangkan kompetisi dan menjunjung tinggi sportivitas adalah penting, tetapi kemanusiaan di atas segalanya. Penghargaan saya untuk Roger Casugay, peselancar Filipina yang kehilangan kesempatan untuk mendapatkan emas untuk menyelamatkan atlet Indonesia dari kejatuhan selama kompetisi,” tulis Joko Widodo dilansir dari Fox Sports, Selasa (10/12).

Sebelumnya, pada hari Sabtu, aksi heroik Casugay menjadi viral di media social setelah ia menyelamatkan peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat, yang tali seluncurnya patah saat bertanding diacara longboarding pria di SEA Games 2019 di San Juan, La Union, Filipina.

“Sebagai surfer, kita memiliki persaudaraan. Tidak peduli apa yang terjadi, jika seseorang membutuhkan bantuan saya, saya akan ada di sana. Jika Anda memiliki sesuatu untuk diberikan, Anda harus memberikannya,” kata Casugay seperti dikutip oleh CNN Filipina hari itu.

Kecelakaan kecil mengakibatkan acara dijadwal ulang, setelah itu peselancar Filipina dan Indonesia bertempur sekali lagi dalam acara yang sama.

Casugay berhak maju ke final, di mana ia pergi untuk memenangkan medali emas setelah mengalahkan sesama surfer Filipina, Jay-R Esquivel di final.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi