Foto: Gerhana Matahari Cincin Parsial di Kota Medan

Foto: Gerhana Matahari Cincin Parsial di Kota Medan
Foto Gerhana Matahari Cincin Parsial di Kota Medan (Analisadaily/Khairil Umri)

Analisadaily (Medan) - Inilah foto-foto proses terjadinya gerhana matahari cincin parsial atau sebagian di Kota Medan, Kamis (26/12).

Fenomena proses gerhana matahari cincin yang berlangsung di Kota Medan mulai terlihat pukul 10.15 hingga 14.15 WIB. Gerhana ini hanya terlihat sebagian yaitu sebesar 90,6 persen, sedangkan puncaknya berbentuk cincin matahari tak terlihat.

Gerhana Matahari terjadi ketika bumi, bulan, dan matahari berada dalam satu garis lurus. Ketika itu, Bulan menghalangi sebagian atau seluruh cahaya matahari.

Manusia di bumi akan menikmati Gerhana Matahari Cincin atau Total tergantung pada jarak antara Bumi, Bulan, dan Matahari.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika bulan berada pada titik yang lebih jauh dari bumi. Sehingga, meski pun berada segaris dengan matahari dan bumi, piringannya yang lebih kecil tak bisa menghalangi seluruh cahaya matahari.

Sementara Gerhana Matahari Total terjadi saat bulan berjarak cukup dekat dengan bumi. Saat itu, piringan bulan terlihat lebih besar dan mampu menutup seluruh permukaan matahari.

Penulis:  Khairil Umri
Editor:  Junaidi Gandy

Baca Juga

Rekomendasi