Kontak Senjata dengan KKB, 10 Anggota TNI-Polri Meninggal Dunia Sepanjang 2019

Kontak Senjata dengan KKB, 10 Anggota TNI-Polri Meninggal Dunia Sepanjang 2019
Pemakaman Kapten Anumerta Erizal yang meninggal dunia di Papua (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily (Jayapura) - Sebanyak 10 anggota TNI-Polri meninggal dunia akibat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sepanjang 2019 di Papua.

Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, dari jumlah tersebut, 2 diantaranya anggota Polri. Selain aparat, juga tercatat 10 warga sipil meninggal dunia akibat diseranf KKB.

10 Apr 2021 15:56 WIB

Dua Orang Guru Ditembak KKB di Papua

"Tercatat 24 kasus KKB terjadi di wilayah hukum Polres Jayawijaya, Puncakjaya, Mimika, dan Polres Pinai," kata Waterpauw dalam refleksi akhir tahun, dilansir dari Antara, Sabtu (28/12).

Mantan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) itu menyebut, masalah KKB menjadi perhatian Polda Papua karena banyak bermunculan wajah baru, termasuk Egianus Kogoya yang mampu mengorganisir kelompoknya.

"KKB masih menjadi ancaman, hingga menyebabkan ketakutan bagi masyarakat," sebutnya.

Meski demikian, Waterpauw mengungkapkan, situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Papua secara umum dapat teratasi, sehingga cukup kondusif.

"Kita akan tingkatkan sinergi dan keterpaduan dengan stakeholder dan para tokoh, guna menciptakan Kamtibmas yang kondusif," ungkapnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi