Senyum Bahagia Nek Katijah Terima Bantuan Rumah

Senyum Bahagia Nek Katijah Terima Bantuan Rumah
Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, mengunjungi Nek Katijah di Gampong Cot Kuta, Kecamatan Suka Makmur, Nagan Raya (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Nagan Raya - Tangis haru kebahagian Katijah, seorang wanita renta yang berusia 80 tahun pecah ketika menerima bantuan 1 unit rumah layak huni dari Pemerintah Aceh.

Rumah tipe 36 tersebut dibangun Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Aceh yang terletak di Desa Cot Kuta, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Ia menangis bahagia di pelukan Dyah Erti Idawati. Wanita yang berprofesi sebagai buruh tani tersebut tak kuasa menahan linangan air matanya yang seketika tumpah ketika Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh itu menyambangi tempat tinggalnya.

Dengan suara yang terbata-bata ia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Dyah dan Pemerintah Aceh yang telah memberikannya sebuah rumah layak huni, yang selama ini sangat ia impikan.

"Syukur Alhamdulilah, akhirnya saya peroleh rumah ini. Saya dan keluarga sudah tenang sekarang karena sudah tidak tinggal dalam gelap lagi," kata Katijah sambil menangis di pelukan Dyah, Kamis (13/2).

Dyah berpesan kepada Katijah untuk merawat rumah tersebut, serta meningkatkan kualitas hidup yang lebih layak dan sehat. Rumah yang ditempati Katijah dan keluarganya itu bagian dari 4.006 unit rumah layak huni yang dibangun Pemerintah Aceh pada tahun 2019.

Total unit rumah layak huni tahun 2019 di Kabupaten Nagan Raya sebanyak 114 unit yang tersebar di 9 kecamatan diantaranya, Beutong (8 unit), Seunagan Timur (15 unit), Tripa Makmur (22 unit), Darul Makmur (9 unit), Kuala (21 unit), Seunagan (30 unit), Suka Makmur (5 unit), Kuala Pesisir (1 unit) dan di Tadu Raya (3).

Pada tahun 2020 ini Pemerintah Aceh melalui Dinas Perkim akan kembali melanjutkan pembangunan rumah yang pembangunannya belum selesai tahun 2019 lalu.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi